Hasilnya terlihat dalam seminggu, ini trik angkat komedo ala beauty vlogger Korea pakai 1 jenis buah

Hasilnya terlihat dalam seminggu, ini trik angkat komedo ala beauty vlogger Korea pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Banyak sekali permasalahan wajah yang membuat sejumlah orang resah, seperti kering, munculnya jerawat dan bekasnya, hingga kulit kusam. Selain itu ada pula permasalahan kulit lainya yang bikin jengkel, yakni komedo.

Komedo merupakan benjolan kecil di pori-pori kulit yang merupakan bakal jerawat. Komedo umumnya terdapat di kulit wajah, tetapi juga bisa muncul di bagian tubuh lain, seperti bahu, dada, punggung, atau lengan.

Komedo terbagi menjadi komedo hitam (blackhead) dan komedo putih. Permukaan komedo putih tertutup lapisan kulit dan berwarna putih. Sedangkan permukaan komedo hitam terbuka dan terpapar udara sehingga warnanya berubah menjadi cokelat atau hitam.

Komedo tidak menimbulkan rasa sakit, kecuali bila mengalami infeksi. Infeksi itulah yang dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan bengkak sehingga muncul jerawat. Baik komedo hitam maupun putih sama-sama berpotensi menjadi jerawat.

Komedo terbentuk ketika pori-pori kulit tersumbat oleh kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati. Kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) dalam kulit memproduksi sebum, minyak alami yang membantu menjaga kelembapan kulit. Namun, ketika produksi sebum berlebihan, terutama selama masa pubertas atau karena faktor genetik, kemungkinan terjadinya komedo meningkat.

Sel-sel kulit mati secara alami mengelupas dari permukaan kulit setiap hari. Namun, jika sel-sel kulit mati tidak terkelupas dengan baik, maka dapat menyumbat pori-pori kulit. Hal inilah yang juga menyebabkan terbentuknya komedo.

Selain itu, paparan polusi udara dan debu dapat menempel pada kulit. Kondisi ini menyebabkan terjadinya penumpukan kotoran di permukaan kulit. Ketika kotoran dan polutan masuk ke dalam pori-pori kulit, maka ayang terbentuknya bintik hitam komedo.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES