Hanya pakai 5 bahan alami, begini cara membuat krim deodoran untuk atasi bau badan

Hanya pakai 5 bahan alami, begini cara membuat krim deodoran untuk atasi bau badan

Brilio.net - Ketiak merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi sumber munculnya bau badan. Pasalnya, ketiak mengandung kelenjar apokrin yang bertanggung jawab memproduksi bau badan. Menjaga ketiak tetap bersih dan bebas dari bakteri akan membantu mengontrol bau badan.

Meski bau badan sering muncul saat tubuh mengeluarkan banyak keringat, tapi penyebab bau badan yang sesungguhnya adalah bakteri. Keringat manusia pada dasarnya tidak berbau. Bau badan muncul ketika bakteri yang ada di tubuh bertemu dengan keringat dan mengubah keringat menjadi asam.

Bakteri yang sering menyebabkan bau badan adalah anaerobik. Bakteri ini dapat berkembang biak melalui keringat sebagai medianya. Nah, bau badan muncul sebagai hasil dari pemecahan protein keratin oleh bakteri pada permukaan kulit.

Selain karena bakteri di kulit, munculnya bau badan juga bisa dipengaruhi oleh perubahan hormon androgen di dalam tubuh. Inilah salah satu alasan mengapa remaja yang sedang berada di masa pubertas lebih sering mengalami bau badan.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah bau badan adalah dengan memakai deodoran. Meski begitu, memilih produk deodoran yang cocok memang bukan perkara mudah, terutama kalau kamu memiliki kulit sensitif. Kandungan bahan kimia yang cukup tinggi terkadang bisa membuat kulit teriritasi.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES