Hanya pakai 4 bahan alami, begini cara membuat lulur untuk atasi kusam dan pudarkan bekas luka

Hanya pakai 4 bahan alami, begini cara membuat lulur untuk atasi kusam dan pudarkan bekas luka

Brilio.net - Kulit kusam adalah masalah kulit yang akan membuat siapapun yang mengalaminya jadi tidak percaya diri. Kulit kusam adalah kondisi yang ditandai dengan tampilan wajah yang tampak tidak sehat, kurang bercahaya, dan tidak bersemangat.

Selain itu, kulit kusam juga dapat menyebabkan kulit terasa kering dan warnanya tampak lebih gelap dari biasanya. Biasanya kulit kusam disebabkan karena seringnya terpapar sinar matahari, menumpuknya sel kulit mati, faktor usia, dan kurangnya kelembapan kulit.

Tak hanya kulit kusam, masalah bekas luka juga kerap kali membuat penampilan kurang maksimal. Apalagi bekas luka tersebut berada di bagian tubuh yang terbuka seperti kaki, tangan, hingga wajah. Bekas luka biasanya terjadi ketika luka sudah mulai mengering dan akan sembuh. Ini adalah sebuah situasi yang menandakan bahwa proses penyembuhan luka sudah berjalan dengan baik.

Namun, yang kerap jadi masalah adalah bekas luka ini cukup mengganggu penampilan. Kadang bekas luka akan terasa gatal, jika digaruk maka bisa meninggalkan bekas luka menghitam yang akan lebih susah dihilangkan.

Untuk mengatasi kedua permasalahan kulit tersebut, biasanya kebanyakan orang akan mengandalkan produk-produk skincare dan body care yang dijual di pasaran. Padahal bagi sebagian orang, kandungan kimia pada produk-produk tersebut dapat membuat iritasi kulit. Tapi, jangan khawatir, karena kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitarmu untuk membuat lulur. Sama halnya yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @ekkapuspitaa.

Cara membuat lulur untuk atasi kusam dan pudarkan bekas luka pakai 4 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@ekkapuspitaa

Melalui video unggahannya pemilik akun membagikan cara membuat lulur untuk atasi kusam dan pudarkan bekas luka pakai 4 bahan alami. Bahan-bahan yang digunakan adalah, daun kelor, beras, kopi bubuk, dan bubuk kunyit.

"kalo tambah daun kelor bagus bet buat mudarin bekas luka," tulis pemilik akun sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @ekkapuspitaa, Selasa(28/2).

Di dalam daun kelor terkandung zat dan nutrisi diantaranya vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalsium, magnesium, serta antioksidan seperti flavonoid. Kandungan vitamin C dalam daun kelor dapat mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit. Vitamin tersebut bekerja dengan cara menekan pembentukan melanin yang memberikan warna pada kulit. Selain, mencerahkan kulit wajah, vitamin C pada daun kelor juga berperan penting dalam pembentukan kolagen, yaitu protein yang dibutuhkan kulit untuk menjaga elastisitasnya. Sehingga, mampu mencerahkan kulit kusam dan memudarkan bekas luka.

Cara membuat lulur untuk atasi kusam dan pudarkan bekas luka pakai 4 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@ekkapuspitaa

Begitupun dengan beras yang mengandung berbagai vitamin dan antioksidan yang mampu mengatasi kulit kusam, berjerawat, hingga warna kulit tidak merata. Beras akan meningkatkan pembentukan kolagen di kulit dan menjadikan kulit jadi lebih kenyal dan bercahaya. Selain itu, beras juga dapat membantu menghilangkan noda pada kulit seperti bekas luka dan bintik-bintik atau pigmentasi.

Sementara itu, kopi bubuk mengandung antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan. Kandungan ini membantu penyembuhan luka secara signifikan. Tak hanya itu, kopi juga mengandung senyawa fenolat yang di dalamnya terdapat dua jenis asam, yaitu Asam p-kumarat dan Asam kafeat yang bisa membantu menyembuhkan lukamu. Tekstur kopi yang halus juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam.

Cara membuat lulur untuk atasi kusam dan pudarkan bekas luka pakai 4 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@ekkapuspitaa

Sedangkan, bubuk kunyit memiliki kandungan kurkumin dan kaya antioksidan, kunyit menjadi bahan alami yang tak kalah bagus untuk mengatasi bekas luka di area tubuh yang terlihat. Senyawa dalam kunyit akan membantu mengurangi produksi melanin sehingga mampu memudarkan bekas luka dan membuat kulit jadi lebih cerah.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES