Hanya butuh 4 bahan alami, ini trik membuat face scrub untuk melembapkan wajah kering dan dehidrasi

Hanya butuh 4 bahan alami, ini trik membuat face scrub untuk melembapkan wajah kering dan dehidrasi

Brilio.net - Kulit wajah kering memang menjadi salah satu masalah serius untuk sebagian orang. Jika dibiarkan terus-menerus, kulit muka kering bisa mengelupas dan pecah-pecah, bahkan membuat wajah tampak kusam. Kulit wajah kering terjadi ketika kulit kehilangan atau tidak cukup memproduksi minyak alami atau sebum yang cukup untuk menghidrasi dan melindungi kulit. Kulit pun jadi terasa kering, mengelupas, hingga muncul ruam.

Kulit kering yang tidak terhidrasi dengan baik juga merupakan tanda kurangnya kelembapan, sehingga membuatnya tampak kusam dan kasar. Paparan udara yang kering, kebiasaan cuci muka menggunakan air panas, serta paparan bahan kimia tertentu dapat menjadi penyebab kulit kering.

Selain itu, penggunaan obat-obatan hingga kondisi medis tertentu dapat meningkatkan risiko kulit kering muncul. Karena itu, perawatan kulit wajah perlu dilakukan untuk mengurangi risiko mengalami kulit kering. Sebab, semakin bertambahnya usia, risiko untuk mengalami kulit kering akan lebih besar.

Untuk mengatasinya, kebanyakan orang akan menggunakan berbagai skincare yang diformulasikan untuk melembapkan kulit kering. Salah satu yang bisa digunakan adalah scrub wajah. Sudah banyak scrub wajah dengan berbagai merek yang dijual di pasaran dengan klaim mampu melembapkan wajah.

Namun sayangnya, tak semua orang cocok dengan kandungan di dalamnya. Nah, agar lebih aman, kamu bisa kok membuat face scrub sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan di sekitar. Seperti halnya yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @zedmasry pada (6/2) lalu.

Dalam video unggahan tersebut, pemilik akun membagikan trik membuat face scrub untuk melembapkan wajah kering dan dehidrasi pakai 4 bahan alami. Bahan-bahan alami yang digunakan adalah oatmeal, madu, vitamin E, dan kuning telur.

"DIY Face Mask: Dry/ Dehydrated Skin (DIY Masker Wajah: Kulit Kering/ Dehidrasi)," tulis pemilik akun dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @zedmasry pada, Rabu (5/4).

Trik membuat face scrub untuk melembapkan wajah kering pakai 4 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Salah satu manfaat oatmeal yaitu menjaga kelembapan kulit. Mengutip DermNet, kandungan koloid pada oatmeal membantu mengikat jaringan kulit dan memberikan perlindungan terhadap iritasi. Hal ini dikarenakan senyawa tersebut mengandung polisakarida sebagai pengikat air dan hidrokoloid yang menjaga kelembapan pada kulit. Koloid ini juga berperan sebagai emolien (pelembap) yang dapat meredakan gatal pada kulit.

Madu juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi kulit wajah kering. Manfaat madu ini terbukti pada riset dalam jurnal Molecules yang menjelaskan bahwa madu mengandung gliserin yang bekerja sebagai humektan.

Humektan adalah senyawa yang berfungsi menarik air dari lingkungan sekitarnya dan mengumpulkannya di struktur kulit permukaan terluar. Jadi, penggunaan madu untuk perawatan kulit dapat mencegah penguapan kadar air secara terus-menerus yang rentan terjadi pada kulit kering.

Sedangkan, vitamin E juga berkhasiat untuk menjaga kelembapan dan mencegah kulit kering. Umumnya, tubuh memproduksi vitamin E melalui sebum, yakni minyak alami yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Jika jumlahnya seimbang, sebum dapat membantu menjaga kulit dari kondisi kering.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES