Glowing tanpa kopi, ini trik cerahkan wajah kusam dari noda hitam pakai 1 jenis tepung

Glowing tanpa kopi, ini trik cerahkan wajah kusam dari noda hitam pakai 1 jenis tepung

Brilio.net - Warna kulit manusia pada dasarnya disusun oleh pigmen kulit yang disebut melanin. Pigmen ini umumnya diproduksi secara merata menyesuaikan dengan kondisi genetik seseorang. Akan tetapi, keseimbangan dari produksi melanin dapat terganggu, sehingga bisa membuatnya berkurang atau semakin bertambah. Dalam kasus terjadinya penumpukan melanin di area kulit, maka akan berujung kemunculan noda hitam.

Noda hitam pada wajah umumnya muncul berupa flek hitam dan bekas jerawat. Flek hitam merupakan kondisi wajah yang dipenuhi bercak coklat gelap yang menyebabkan sebagian area kulit menjadi lebih gelap dibandingkan bagian lainnya. Kemunculan flek hitam di wajah sangat dipengaruhi oleh pancaran sinar matahari yang dapat merangsang produksi melanin dengan cepat. Penumpukan pigmen inilah yang kemudian timbul di wajah dalam bentuk bercak gelap.

Sementara itu, noda hitam juga muncul akibat timbulnya bekas jerawat tipe PIH (post-inflammatory hyperpigmentation). Timbulnya bekas jerawat ini dipengaruhi oleh proses peradangan jerawat yang merusak jaringan kulit. Sel-sel kulit baru yang kemudian tumbuh untuk memperbaiki kerusakan ini dapat mengandung melanin berlebih, sehingga dapat berujung pada timbulnya bekas kehitaman di area jerawat.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES