Efeknya terlihat dalam 2 minggu, begini cara mengatasi kuku rusak akibat kuteks pakai 1 jenis minyak

Efeknya terlihat dalam 2 minggu, begini cara mengatasi kuku rusak akibat kuteks pakai 1 jenis minyak

Brilio.net - Menghias kuku adalah kebiasaan umum yang kerap kali dilakukan oleh para wanita. Tak heran jika nail salon semakin ramai dikunjungi saat ini dengan wanita-wanita yang ingin mempercantik tampilan kukunya dengan kuteks. Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak jenis kuteks yang dinilai bagus dari sisi ketahanan.

Misalnya, nail gel. Cat kuku berbentuk gel ini dinilai tidak mudah mengelupas dan tidak pudar hingga satu bulan. Riasan kuku ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki kesibukan dan aktif berkegiatan seperti olahraga hingga berkebun. Namun, metode ini membuat kuku asli menjadi mudah kering dan pecah-pecah.

Tak hanya itu saja, biasanya mereka juga akan mengalami pertumbuhan kuku yang lambat, kuku rapuh, kuku patah, kuku terbelah, dan masalah kuku lainnya. Masalah ini bisa kamu alami karena beberapa bahan kuteks yang sangat berbahaya bagi kesehatan kuku, di antaranya adalah formalin, zat toluen yang dapat mengganggu sistem saraf, zat etil esatat yang dapat merusak kuku dan berbau tajam, serta phytilates yang dapat mengganggu pertumbuhan jaringan sehat pada kuku.

Jika kamu juga mengalaminya, tak perlu menghabiskan banyak uang untuk kuku akrilik atau manikur untuk memiliki kuku yang panjang, kuat, dan tampak sehat. Karena, ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan di rumah untuk memperbaiki kesehatan kukumu. Tentunya tanpa menggunakan bahan kimia yang justru akan merusak kuku cantikmu lagi.

Seperti video yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @glowuptogether24 pada 14 Februari lalu. Dalam video tersebut ia memberikan cara mengatasi kuku rusak akibat kuteks pakai 1 jenis minyak. Minyak yang digunakan adalah minyak zaitun.

"Memanjangkan & menguatkan kuku di rumah aja!," katanya dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @glowuptogether24, Selasa (4/7).

Cara mengatasi kuku rusak akibat kuteks pakai 1 jenis minyak Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit, minyak zaitun ternyata juga bisa berfungsi untuk menjaga kuku agar selalu mengilap, kuat, lembut, dan menjauhkan dari bakteri jamur kuku lho. Hal ini berkat kandungan antioksidan pada minyak zaitun yang mampu menutrisi jaringan kuku agar lebih kuat.

Karena kuku nggak memiliki kandungan minyak dan kelenjar keringat yang banyak, maka kita perlu tetap menjaga kelembapannya. Sebab, ketika mengalami kekeringan, kuku cenderung akan menjadi rapuh. Nah, minyak zaitun bisa membantu menjaga kelembapannya. Kuku yang lembap akan membuatnya menjadi tidak mudah patah.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES