Dijamin ampuh, begini 7 cara menghaluskan tumit kaki pecah-pecah pakai bahan dapur

Dijamin ampuh, begini 7 cara menghaluskan tumit kaki pecah-pecah pakai bahan dapur

Brilio.net - Kondisi tumit kaki pecah-pecah merupakan permasalahan kulit kaki yang sering dialami oleh banyak orang. Permasalahan yang satu ini membuat sejumlah orang tentunya tidak nyaman. Pasalnya, tumit kaki pecah-pecah bisa memberikan rasa tidak nyaman karena terasa sakit dan perih.

Kondisi kaki pecah-pecah ini terjadi bukan tanpa sebab. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi munculnya tumit kaki pecah-pecah, antara lain:

Paparan air dan sabun berlebihan.

Kulit pada kaki seringkali terkena paparan air dan sabun, terutama pada orang-orang yang sering mandi atau berendam dalam air yang panas. Paparan air dan sabun yang berlebihan dapat menghilangkan minyak alami pada kulit, sehingga kulit menjadi kering dan rentan pecah-pecah.

Diabetes.

Penderita diabetes cenderung memiliki kulit yang kering dan pecah-pecah, terutama pada kaki. Kondisi ini disebabkan oleh tingginya kadar gula darah, yang dapat mempengaruhi fungsi kelenjar minyak pada kulit.

Obesitas.

Orang yang mengalami obesitas atau kegemukan cenderung memiliki tekanan berlebih pada tumit mereka, sehingga dapat menyebabkan kulit pada tumit menjadi pecah-pecah.

Kekurangan vitamin dan mineral.

Kekurangan vitamin dan mineral tertentu, seperti vitamin E dan zinc, dapat menyebabkan kulit pada kaki menjadi kering dan pecah-pecah.

Walaupun begitu, kondisi tumit kaki pecah-pecah ini bisa dicegah dengan beberapa cara. Terdapat empat cara mencegah tumit kaki pecah-pecah.

Pertama yaitu menghindari menggunakan air hangat dan sabun yang berlebihan. Nah, kamu bisa mencoba untuk tidak terlalu sering mandi atau berendam dalam air yang panas. Selain itu, hindari penggunaan sabun yang mengandung bahan kimia keras.

Kedua yaitu menggunakan pelembap kaki secara teratur.
Kamu bisa menggunakan pelembap kaki, terutama pada area yang sering mengalami kekeringan, seperti halnya tumit. Sementara itu, kamu bisa lho memilih pelembap yang mengandung bahan alami, seperti minyak kelapa atau aloe vera.

Ketiga, mengenakan alas kaki yang nyaman. Kamu disarankan hindari mengenakan alas kaki yang terlalu ketat atau yang tidak nyaman. Alas kaki yang pas dan nyaman dapat membantu menjaga kelembaban pada kulit kaki.

Keempat yaitu lakukan perawatan kaki secara teratur, seperti menggunakan scrub kaki atau merendam kaki dalam air hangat. Perawatan kaki dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan menjaga kelembaban pada kulit kaki.

(brl/far)

tags

STORIES