Cuma pakai 3 bahan dapur, begini cara menghilangkan bekas luka jerawat agar wajah kembali mulus

Cuma pakai 3 bahan dapur, begini cara menghilangkan bekas luka jerawat agar wajah kembali mulus

Brilio.net - Selain jerawat, bekas jerawat juga bisa menjadi hal yang buruk dan mengganggu untuk semua orang. Bekas jerawat yang ditimbulkan biasanya akan berupa luka memerah atau flek hitam. Kondisi kulit yang terjadi setelah jerawat ini dapat muncul lebih dari satu dan di daerah yang mudah terlihat.

Kondisi ini biasanya ditandai dengan perubahan tekstur dan lekukan yang bersifat permanen di kulit. Berbeda dengan jaringan parut, noda hitam atau merah akibat jerawat yang parah ini bisa diobati, baik dengan dokter maupun pengobatan alami.

Luka bekas jerawat ini terjadi karena adanya hiperpigmentasi kulit akibat peradangan jerawat. Menurut American Academy Dermatology, bekas jerawat merupakan bagian dari proses penyembuhan jerawat itu sendiri. Kendati demikian, bekas jerawat dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri.

Salah satu mitos yang mungkin pernah kamu dengar adalah bekas jerawat dapat hilang dengan sendirinya. Faktanya tidak demikian. Kondisi ini kemungkinan besar justru tidak akan kembali normal seperti kulit aslinya. Meski begitu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan luka bekas jerawat di wajahmu. Seperti melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare, dan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Walaupun dengan bahan alami, namun tak kalah efektif dengan perawatan di klinik kecantikan lho, asalkan digunakan secara rutin. Seperti yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @afsaanah pada (11/7/2022). Melalui akun pribadinya, ia membagikan cara menghilangkan bekas luka jerawat hanya pakai 3 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah, tepung gram atau tepung besan, bubuk kunyit, dan minyak zaitun.

"My mum making my fave acne scarring homemade mask (Ibuku membuat masker bekas jerawat favoritku buatan sendiri)," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @afsaanah, Rabu (19/4).

Cara menghilangkan bekas luka jerawat pakai 3 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tepung dari kacang chickpea atau lebih dikenal dengan tepung besan di India ini bermanfaat untuk menyingkirkan jerawat, menghilangkan bulu wajah, dan banyak lagi manfaat lainnya. Bahan ini juga sudah dipakai oleh wanita India sejak dulu untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah.

Hal ini berkat kandungan zat besi yang berguna melawan infeksi yang diakibatkan jerawat. Kandungan zat besi ini juga mengontrol produksi sebum yang berlebihan serta menenangkan kulit yang radang.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES