Cuma pakai 1 bahan dapur, begini cara membuat face spray untuk atasi jerawat dan minyak berlebih

Cuma pakai 1 bahan dapur, begini cara membuat face spray untuk atasi jerawat dan minyak berlebih

Brilio.net - Jerawat merupakan masalah kulit yang dapat dialami oleh siapa saja, tetapi umumnya pertama kali muncul di masa pubertas, yaitu usia 1018 tahun. Kondisi jerawat cenderung lebih parah pada remaja laki-laki dan orang yang memiliki tipe kulit berminyak.

Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi ketika pori-pori kulit tepatnya folikel rambut tersumbat oleh kotoran, debu, minyak, atau sel kulit mati. Akibatnya, terjadi peradangan pada pori-pori tersebut dan bisa juga disertai infeksi. Jerawat timbul jika saluran keluar minyak tersebut tersumbat akibat produksi minyak yang berlebihan, penumpukan sel-sel kulit mati, atau infeksi bakteri.

Minyak alami wajah atau sebum sebenarnya baik untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah keriput. Namun, minyak yang berlebihan bisa menyumbat pori-pori serta menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat. Meningkatnya produksi minyak di permukaan kulit bisa dipicu oleh beberapa faktor, seperti faktor keturunan, gangguan hormon, pertambahan usia, sering berkeringat, atau stres berlebihan.

Karena minyak berlebih, jerawat jadi lebih mudah muncul di wajah, leher, punggung, atau dada. Apabila tidak ditangani dengan tepat, penyakit kulit ini dapat menimbulkan bekas (bekas jerawat). Hal ini nantinya yang menjadi masalah baru karena lebih sulit dihilangkan.

Nah, untuk mengatasinya kebanyakan orang akan melakukan perawatan di klinik kecantikan atau memilih menggunakan skincare yang diformulasikan untuk jerawat dan minyak berlebih pada wajah. Namun, tak ada salahnya jika kamu ingin mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang lebih murah dan tak kalah efektif.

Seperti yang dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @chefcamryn pada (3/3/2021) lalu. Melalui video unggahannya, pemilik akun memberikan cara membuat face spray untuk atasi jerawat dan minyak berlebih pakai 1 bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah cuka apel.

"making a face spray that helps with acne and pores! (membuat semprotan wajah yang membantu mengatasi jerawat dan pori-pori!)," tulisnya dalam video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @chefcamryn, Selasa (18/4).

(brl/jad)

tags

STORIES