Cegah komedo dan jerawat, begini trik mengatasi kulit berminyak pakai cleanser dari 1 jenis tepung

Cegah komedo dan jerawat, begini trik mengatasi kulit berminyak pakai cleanser dari 1 jenis tepung

Brilio.net - Tak hanya wajah kering, masalah kulit yang cukup menganggu adalah wajah berminyak. Kulit berminyak ditandai dengan wajah yang tampak mengilap. Sama seperti tipe kulit lainnya, kulit berminyak juga perlu mendapatkan perawatan yang tepat agar produksi minyak di wajah bisa terkontrol dan tidak memicu beragam masalah.

Minyak atau sebum sebenarnya memiliki manfaat dalam menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Namun, jika diproduksi secara berlebihan, minyak di wajah bisa menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat. Penyebab kulit wajah berminyak ada beragam, seperti perubahan hormon, faktor genetik, usia, pola makan yang buruk, perubahan iklim atau udara.

Jenis kulit wajah ini ditandai dengan adanya kilap pada wajah, terutama di zona T, yaitu dahi, hidung, dan dagu. Kulit berminyak tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya jerawat, komedo, dan juga masalah pori-pori tersumbat. Sekarang, sudah banyak produk perawatan kulit wajah yang diklaim dapat memberikan hasil maksimal seperti mengurangi masalah kulit berminyak.

Namun cara mengatasi wajah berminyak tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika dilakukan secara berlebihan atau tidak tepat, kulit wajah bisa menjadi kering, iritasi, bahkan mungkin menimbulkan jerawat. Nah, cara amannya kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami guna mengurangi minyak berlebih pada wajahmu.

(brl/mal)

tags

STORIES