Cara membuat facial wash untuk cegah kulit kering ini cuma pakai 4 bahan alami, auto bersih dan lembut

Cara membuat facial wash untuk cegah kulit kering ini cuma pakai 4 bahan alami, auto bersih dan lembut

Brilio.net - Kulit kering memang menjadi salah satu masalah yang umum dialami oleh kebanyakan orang. Kulit kering sering ditandai dengan beberapa gejala, seperti permukaan kulit yang terasa dan terlihat kasar. Selain itu, pemilik kulit kering akan mendapati kulitnya terasa kencang atau kaku saat mandi, setelah mandi, atau saat berenang. Bahkan terkadang, kemerahan dan rasa gatal juga bisa muncul.

Gejala lain yang sering muncul adalah terdapat retakan atau garis-garis halus pada kulit. Kulit juga kemungkinan akan memiliki sisik dan mengelupas. Dalam kondisi yang lebih parah, terdapat retakan yang dalam dan mungkin mengeluarkan darah. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari penuaan, iritasi, hingga penyakit tertentu. Kulit kering bisa hanya terjadi di lengan, tangan, dan kaki, atau bisa juga di seluruh tubuh.

Kulit kering bisa terjadi secara alami karena lambatnya kelenjar sebasea dalam memproduksi minyak alami kulit. Kulit kering sebenarnya bisa diatasi dengan cara yang sederhana, tetapi membutuhkan konsistensi. Salah satu caranya adalah dengan mengubah frekuensi dan durasi mandi. Selain itu, lakukan perawatan dengan menggunakan pelembap atau skincare lain yang diformulasikan untuk mengatasi kulit kering.

Namun, dalam memilih skincare pun harus memperhatikan kandungan di dalam produk yang akan digunakan. Pasalnya, bagi sebagian orang kandungan skincare yang tidak cocok justru akan memperparah keadaan kulit. Sebagai solusinya, lebih baik kamu membuat produk skincare dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitarmu. Salah satunya adalah membuat facial wash sendiri.

Seperti yang dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @aishlifestyle1 pada (6/7/2022) lalu. Dalam videonya, pemilik akun memberikan cara membuat facial wash menggunakan empat bahan alami. Facial yang memanfaatkan madu, aloe vera gel, kunyit bubuk, dan air mawar ini bisa mencegah kulit jadi kering.

"DIY Face Wash," kata pemilik akun dalam keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @aishlifestyle1, Senin (17/4).

Cara membuat facial wash untuk cegah kulit kering cuma pakai 4 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Madu merupakan salah satu bahan alami yang baik untuk kulit kering karena mampu menjaga kadar air dan kelembapan kulit. Manfaat madu ini terbukti pada riset dalam jurnal Molecules yang memaparkan bahwa madu mengandung gliserin yang bekerja sebagai humektan. Humektan adalah senyawa yang berfungsi menarik air dari lingkungan sekitarnya dan mengumpulkannya di struktur kulit permukaan terluar.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES