Cara hilangkan sel kulit mati penyebab ketiak hitam ini cuma butuh 2 bahan dapur, kulit auto cerah

Cara hilangkan sel kulit mati penyebab ketiak hitam ini cuma butuh 2 bahan dapur, kulit auto cerah

Brilio.net - Memiliki ketiak yang hitam seringkali membuat seseorang kurang percaya diri, terutama jika sedang mengenakan pakaian tanpa lengan. Tak sedikit orang yang menganggap bahwa ketiak hitam terjadi akibat kebiasaan mencukur bulu ketiak. Padahal, ketiak hitam bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Warna kulit ketiak seharusnya sama seperti warna kulit di bagian tubuh lain. Namun, pada beberapa orang, kulit di bagian ketiak bisa tampak menghitam. Salah satu penyebab kulit ketiak hitam yang paling umum adalah sering menghilangkan bulu ketiak dengan cara mencukur atau mencabut bulu ketiak. Hal tersebut dapat membuat kulit mudah mengalami iritasi dan memicu produksi melanosit, yaitu sel penghasil pigmen atau warna alami kulit (melanin), secara berlebihan.

Kulit ketiak hitam juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, penumpukan sel kulit mati, penggunaan deodoran dengan kandungan yang keras, obesitas, dan kurangnya menjaga kebersihan. Untuk menghilangkan kondisi ini, penyebab munculnya ketiak hitam harus diketahui terlebih dahulu. Jika disebabkan oleh infeksi bakteri, maka penggunaan obat antibiotik dapat menjadi solusinya.

Selain dengan pengobatan, untuk membantu menghilangkan ketiak hitam kamu juga bisa melakukan perawatan yang memang diformulasikan untuk ketiak hitam. Salah satunya adalah menggunakan masker untuk mengangkat sel kulit mati di ketiak. Lekukan ketiak biasanya tampak lebih dalam karena area ini terdiri dari banyak lipatan kulit.

Jika kamu tidak membersihkan ketiak dan melakukan scrubbing secara rutin, sel kulit mati bisa menumpuk sekaligus meninggalkan kesan kulit kusam. Kurangnya perawatan kulit juga bisa membuat kulit ketiak tampak kering dan pecah-pecah. Hal inilah yang menjadi penyebab ketiak hitam dan kusam. Oleh karena itu, jangan lupa bersihkan ketiak dan lakukan scrubbing badan secara rutin.

Salah satu caranya kamu bisa mengikuti video yang diunggah oleh pengguna TikTok @kirtitewani pada 22 Juli 2022 lalu. Dalam unggahannyan ia memberikan cara menghilangkan sel kulit mati penyebab ketiak hitam hanya dengan 2 bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah tepung gram dan yoghurt.

"Gramflour or besan is an excellent scrub that will clear the skin of dead cells along with making the skin tone even. Lactic acids from the curd will soften and condition the skin. (Tepung gram atau besan adalah scrub yang sangat baik yang akan membersihkan kulit dari sel-sel mati sekaligus meratakan warna kulit. Asam laktat dari yoghurt akan melembutkan dan mengondisikan kulit)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @kirtitewani, Rabu (31/5).

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES