Cara atasi jerawat meradang pakai facial wash dari 1 jenis bunga, bikin kulit tenang dan antiiritasi

Cara atasi jerawat meradang pakai facial wash dari 1 jenis bunga, bikin kulit tenang dan antiiritasi

Brilio.net - Produksi minyak berlebih pada area wajah cenderung berisiko menimbulkan sejumlah masalah bagi kulit, salah satunya adalah jerawat. Pasalnya, produksi minyak berlebih bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan perkembangan bakteri propionibacterium acnes - menyebabkan peradangan dan pembentukan jerawat.

Selain itu, sel-sel kulit mati yang tidak terangkat dengan baik juga dapat menyumbat pori-pori. Agar pori-pori wajah selalu dalam keadaan sehat dan tidak terjadi penumpukan, kamu wajib membersihkan kulit wajah secara rutin. Setidaknya, mencuci wajah dua kali dalam sehari. Gunakan pembersih wajah dengan tekstur lembut dan disesuaikan dengan jenis kulit.

Gunakan facial wash dengan bahan dasar seperti benzoyl peroxide, asam salisilat, dan asam glikolat yang berguna mengurangi produksi minyak berlebih dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Meski banyak diluar sana tersedia facial wash dengan kandungan tersebut, namun akan lebih aman jika kamu menggunakan bahan-bahan alami dalam merawat kecantikan wajah. Salah satu bahan alami yang bisa kamu manfaatkan adalah rosewater atau air mawar.

Bahan alami yang satu ini mengandung sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat meredakan peradangan pada jerawat dan mengatasi iritasi. Tidak hanya itu, kemampuan menyeimbangkan pH kulit dapat mengontrol produksi minyak berlebih, sehingga dapat mencegah munculnya jerawat baru.

Kamu juga bisa mencampurkan dengan aloe vera gel dan essential oil, karena bahan satu ini dapat mendinginkan dan menenangkan kulit yang meradang. Di sisi lain, adanya kandungan antiinflamasi di dalam aloe vera dan essential oil ini membantu mengurangi peradangan. Lalu, sifat antimikroba di dalam bahan ini dapat melawan pertumbuhan jamur akibat jerawat.

Tak hanya menggunakan bahan alami itu saja, terdapat bahan utama lainnya yaitu african black soap. Bahan ini merupakan sabun alami yang terbuat dari daun pisang raja, kakao, dan shea butter. Kombinasi ketiga bahan tersebut memiliki kandungan berupa antibakteri dan antiperadangan.

Manfaat dari kedua kandungan tersebut yaitu sebagai penyembuhan pada kulit luar akibat jerawat, meredakan iritasi, mencerahkan, dan membersihkan wajah secara menyeluruh. Sementara itu, untuk mendapatkan bahan ini kamu bisa membelinya di marketplace.

(brl/ola)

tags

STORIES