Cara atasi jerawat dan bekasnya sekaligus pakai 1 jenis bubuk kue, bikin glowing dan terhidrasi secara

Cara atasi jerawat dan bekasnya sekaligus pakai 1 jenis bubuk kue, bikin glowing dan terhidrasi secara

Brilio.net - Siapa sih yang nggak kenal dan kesal sama jerawat? Ya, jerawat merupakan sejenis gangguan pada kulit yang terjadi akibat terjadinya penyumbatan meradang pada folikel rambut dan kelenjar minyak di kulit.

Masalah ini sendiri umumnya terjadi karena pori-pori pada wajah seseorang tersumbat oleh sebum (minyak kulit) dan sel-sel kulit mati, sehingga menutup rongga kulit dan menciptakan lingkungan ideal bagi bakteri propionibacterium acnes untuk berkembang biak. Dalam prosesnya sebum yang terjebak ini memungkinkan bakteri untuk tumbuh, menyebabkan peradangan, dan akhirnya membentuk jerawat yang membengkak.

Masalah jerawat tidak berhenti sampai di situ saja. Hal ini dikarenakan setelah jerawat sembuh, jerawat umumnya akan meninggalkan bekas berupa noda kecokelatan atau kemerahan, bahkan luka sekalipun. Kasus di mana jerawat bisa meninggalkan bekas ini bisa muncul karena proses peradangan yang terjadi saat jerawat meradang dapat merusak jaringan kulit.

Sel-sel kulit baru yang tumbuh untuk memperbaiki kerusakan ini dapat mengandung melanin berlebih sehingga menyebabkan munculnya noda cokelat pada kulit. Selain itu, rusaknya lapisan kolagen dalam kulit yang akibat jerawat juga dapat menyebabkan luka dalam prosesnya. Menyusahkan sekali bukan?

Eits, walau begitu, kamu yang menghadapi kedua masalah membandel ini nggak perlu khawatir kok. Selain kini kamu bisa mengakses berbagai produk skincare komersil yang diformulasikan untuk mengatasi masalah ini, kamu juga bisa mencoba solusi gampang dan murah dengan memanfaatkan bahan alami sebagai alternatif. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan bubuk cokelat dan aloe vera sebagaimana diperagakan oleh @diybyshikha di Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Selasa (25/7).

terhidrasi secara alami  Instagram

foto: freepik.com

Bubuk cokelat mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan polifenol yang dpat membantu melawan radikal bebas dan meredakan peradangan pada kulit. Sifat antiinflamasi dan antibakteri pada coklat juga dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang terkait dengan jerawat. Selain itu, kandungan magnesium dalam cokelat berperan besar dalam memperbaiki tekstur kulit dan mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat pula.

terhidrasi secara alami  Instagram

foto: freepik.com

Aloe vera sendiri telah terkenal akan khasiat antiinflamasi, antimikroba, dan kemampuan penyembuhan luka alami. Dalam hal ini, gel tanaman aloe vera dapat membantu mengurangi peradangan, mencegah infeksi bakteri, dan mempercepat penyembuhan kulit yang rusak akibat jerawat ini. Plus, aloe vera juga dapat secara aktif membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga bisa mengisi dan mengurangi penampilan dari bekas jerawat tersebut.

(brl/pep)

tags

STORIES