Cara atasi breakout pada kulit sensitif ini cuma pakai scrub dari 2 bahan dapur

Cara atasi breakout pada kulit sensitif ini cuma pakai scrub dari 2 bahan dapur

Brilio.net - Kulit sensitif adalah kondisi saat kulit rentan iritasi dan mengeluarkan reaksi berlebih setelah terpapar zat tertentu dari produk kosmetik, paparan sinar matahari, ataupun udara. Meskipun gejalanya sering kali tidak terdeteksi, umumnya pemilik kulit sensitif akan merasakan sensasi gatal, perih, dan kering saat kambuh.

Kulit sensitif dan alergi sering disama ratakan. Padahal, kedua kondisi ini memiliki perbedaan mendasar. Reaksi alergi terjadi saat sistem kekebalan tubuh menjadi aktif dan bereaksi berlebihan ketika tubuh terpapar debu, makanan, atau zat kimia tertentu. Reaksi alergi pada kulit dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan, terasa gatal, perih, atau bengkak.

Sementara itu, pada kulit sensitif, masalahnya bukan pada zat atau benda tertentu, melainkan seberapa banyak atau seberapa sering seseorang menggunakan suatu produk atau terpapar oleh zat tertentu. Perbedaan lainnya antara kulit sensitif dan alergi terdapat pada waktu munculnya reaksi. Biasanya kulit jenis ini akan rentan mengalami breakout.

Reaksi alergi dapat muncul sesaat setelah terpapar suatu zat atau bisa juga baru muncul beberapa waktu kemudian, sekitar 12-48 jam setelahnya. Sementara pemilik kulit sensitif akan langsung merasakan keluhan pada kulit setelah terpapar faktor pemicu.

Nah, jika mengalami masalah ini tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan melakukan perawatan menggunakan bahan-bahan alami. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @britneymiracle pada (9/4/2021) lalu.

Dalam video unggahan tersebut, pemilik akun memberikan cara atasi breakout pada kulit sensitif cuma pakai scrub dari 2 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah gula pasir dan jojoba oil.

"Super Easy DIY Face Scrub (for sensitive & acne prone skin), Scrub Wajah DIY Super Mudah (untuk kulit sensitif & berjerawat)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @britneymiracle, Kamis (20/4).

Cara atasi breakout pada kulit sensitif cuma pakai scrub dari 2 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat gula untuk wajah dan tubuh di antaranya sebagai eksfoliator untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, mencegah jerawat, hingga mencegah penuaan dini. Gula merupakan bahan alami eksfoliasi kulit. Scrub dengan bahan dasar gula memiliki tekstur sedang yang mampu membantu mengangkat sel kulit mati.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES