Bukan perawatan mahal, ini cara menghilangkan flek hitam karena efek penuaan pakai 1 jenis sayuran

Bukan perawatan mahal, ini cara menghilangkan flek hitam karena efek penuaan pakai 1 jenis sayuran

Brilio.net - Penuaan kulit tak hanya ditandai dengan kulit yang kendur dan keriput saja, melainkan flek hitam yang mulai muncul juga merupakan salah satu tandanya. Flek hitam umumnya muncul di bagian kulit yang sering terkena matahari, seperti wajah, tangan, punggung tangan, dan bahu.

Flek hitam yang menjadi tanda penuaan dini biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari pada kulit secara langsung. Flek hitam bisa muncul di beberapa bagian wajah ketika kamu sering beraktivitas di bawah sinar matahari secara langsung, apalagi tanpa menggunakan tabir surya.

Sinar UV dari matahari bisa merusak sel yang memproduksi melanin, yaitu pigmen yang memberikan warna kulit. Akibatnya, produksi melanin menjadi berlebihan (hiperpigmentasi). Flek hitam di wajah pun muncul, bahkan sebelum kamu berusia 50 tahun. Penyebab lain flek hitam yang muncul di usia muda adalah faktor genetik atau keturunan yang menyebabkan penuaan kulit dini.

Flek hitam umumnya tidak berbahaya bagi kulit sehingga tidak memerlukan pengobatan khusus. Bahkan seiring bertambahnya usia, sebagian besar kondisi flek hitam dapat hilang dengan sendirinya. Meskipun demikian, bagi sebagian orang kondisi flek hitam mengganggu penampilan. Oleh karenanya, banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkan flek hitam di wajahnya.

Banyak yang rela melakukan perawatan di klinik kecantikan dengan merogoh kocek dalam-dalam. Padahal ada lho cara alami yang hasilnya tak kalah efektif jika digunakan secara rutin. Seperti halnya video unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @dorahermin pada (19/2/2022) lalu.

Melalui unggahan yang berdurasi 17 detik tersebut pemilik akun membagikan cara menghilangkan flek hitam karena efek penuaan pakai 1 jenis sayuran. Sayuran yang digunakan adalah pare. Selain itu, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu aloe vera gel dan madu.

"memudarkan flek hitam bandel," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @dorahermin, Senin (26/6).

Cara menghilangkan flek hitam karena efek penuaan pakai 1 jenis sayuran Berbagai sumber

foto: freepik.com

(brl/lea)

tags

STORIES