Bukan pakai tomat, ini cara kurangi minyak wajah penyebab pori-pori tersumbat dengan 1 jenis protein

Bukan pakai tomat, ini cara kurangi minyak wajah penyebab pori-pori tersumbat dengan 1 jenis protein

Brilio.net - Kulit wajah mengandung pori-pori yang merupakan titik keluar keringat. Pori-pori ini menjadi jalan keluar pelepasan minyak alami, yang menjaga kulit tetap lembap. Namun, pori-pori ini sering kali tersumbat karena sel kulit mati, kotoran, dan minyak berlebih menumpuk di permukaan kulit.

Produksi minyak yang ekstra ini juga bisa memicu komedo dan jerawat. Hal ini dikarenakan kotoran menjadi lebih mudah menempel pada kulit dan menyumbat pori-pori. Selain itu, sel-sel kulit mati pada orang dengan tipe wajah berminyak biasanya sulit untuk luruh dan terlepas. Akibatnya, sel kulit mati yang seharusnya rontok justru menyumbat pori-pori wajah.

Penyebab kelebihan sebum ini adalah ketidakseimbangan hormon, cuaca panas, genetika, dehidrasi, hingga pemakaian produk skincare yang terlalu keras. Masalah kulit ini bisa makin parah apalagi jika kamu tidak melakukan perawatan wajah yang tepat.

Agar terhindar dari masalah komedo dan jerawat, kamu perlu melakukan perawatan untuk mengurangi produksi minyak di wajah. Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Bukan pakai tomat, karena pemilik akun TikTok @bazbeauty pada 8 Mei 2020, menggunakan 1 jenis protein. Protein yang dimaksud adalah putih telur. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu minyak zaitun dan perasan lemon.

"DIY Face Mask For Oily Skin (Masker Wajah DIY Untuk Kulit Berminyak)," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @bazbeauty, Jumat (6/10).

Kurangi minyak wajah dengan 1 jenis protein Berbagai sumber

foto: freepik.com

Menjadi sumber protein yang cukup tinggi, putih telur tak hanya bisa kamu manfaatkan untuk menjaga kesehatanmu, ternyata bahan yang satu ini bisa kamu gunakan untuk merawat kulit wajahmu lho. Putih telur diklaim bisa dijadikan pilihan perawatan guna mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

Kemampuan ini didapat dari kandungan protein albumin putih telur. Albumin yang diaplikasikan pada wajah bekerja menyempitkan pembuluh darah di bawah permukaan kulit, sehingga aliran darah menjadi lancar, kulit terasa kencang, dan pori-pori mengecil.

Minyak zaitun juga merupakan bahan alami yang tak kalah ampuh untuk mengurangi produksi minyak di wajah. Minyak zaitun cukup efektif menjaga keseimbang pH kulit. Hal ini dikarenakan minyak zaitun dapat membersihkan kotoran yang menempel pada kulit.

Bahan alami satu ini bisa menjadi moisturizer alami bagi kulit. Bahkan, bisa mengatasi masalah kulit yang kering maupun berminyak. Kamu juga bisa menggunakan bahan satu ini untuk membantu mengangkat sel kulit mati, minyak berlebih maupun kotoran yang sering menimbulkan masalah jerawat.

Tak terkecuali dengan perasan lemon yang kandungan nutrisinya dipercaya efektif untuk mengurangi produksi minyak berlebih yang mengganggu penampilan dan tampilan wajah. Lemon dengan kandungan asam sitrat bekerja sebagai astringen untuk membantu mengatasi wajah berminyak. Buah berwarna kuning ini juga mampu mengurangi peradangan dan mengecilkan pori-pori wajah penyebab berlebihnya produksi sebum.

(brl/pep)

tags

STORIES