Bukan pakai skincare mahal, ini cara memudarkan bekas jerawat pakai 1 jenis olahan susu

Bukan pakai skincare mahal, ini cara memudarkan bekas jerawat pakai 1 jenis olahan susu

Brilio.net - Kehadiran jerawat merupakan tanda gangguan pada kulit wajah. Biasanya karena produksi minyak berlebih sehingga menyumbat pori-pori. Lama-kelamaan jerawat dapat menyebabkan peradangan, sehingga kerap menimbulkan rasa sakit. Faktor penyebab munculnya jerawat sebenarnya berbeda-beda untuk setiap orang.

Ada yang karena produksi minyak yang berlebih, sumbatan pada folikel rambut, perkembangan bakteri yang menyebabkan peradangan, sampai pada aktivitas hormon yang membuat jerawat menjadi tumbuh subur. Dampak dari jerawat terkadang adalah munculnya bekas kehitaman atau kemerahan pada wajah.

Pasalnya, saat jerawat sembuh dan sel-sel kulit baru terbentuk, sel-sel yang membantu memulihkan permukaan kulitmu mengandung terlalu banyak melanin. Melanin adalah zat pemberi warna pada kulit.

Saat sel-sel kulit tertentu kelebihan zat melanin daripada yang lain, hasilnya adalah muncul bercak kulit yang lebih gelap. Kondisi ini disebut juga sebagai hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Hal ini tentu bisa bikin siapa saja yang mengalaminya jadi frustrasi, khususnya wanita.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa cara memudarkan bekas jerawat yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satunya seperti video yang diunggah akun TikTok @abelsoe pada (25/4/2020) lalu.

Dalam video tersebut ia membagikan tentang cara memudarkan bekas jerawat pakai 1 jenis olahan susu. Olahan susu yang dimaksud adalah yoghurt. Selain yoghurt, ia juga menambahkan bahan lain yaitu pisang dan madu.

"Bikin masker PISANG, hempas bekas jerawat! SHARE yuk!," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @abelsoe, Jumat (30/6).

Cara memudarkan bekas jerawat pakai 1 jenis olahan susu Berbagai sumber

foto: freepik.com

Yogurt dikenal sebagai camilan yang menyehatkan. Rasanya yang asam dan segar membuat makanan ini digemari oleh banyak orang dan memiliki banyak manfaat dan nutrisi untuk tubuh. Minuman hasil fermentasi susu ini tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga bermanfaat untuk kecantikan.

Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Kandungan asam laktat dipercaya memiliki manfaat baik untuk perawatan kecantikan kulit. Salah satunya adalah bermanfaat untuk memudarkan bekas jerawat.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES