Bukan pakai sheet mask, ini trik menenangkan wajah breakout pakai masker dari 1 jenis bahan pemanis

Bukan pakai sheet mask, ini trik menenangkan wajah breakout pakai masker dari 1 jenis bahan pemanis

Brilio.net - Wajah breakout adalah salah satu permasalahan kulit yang cukup mengganggu kenyamanan dan penampilan. Wajah yang mengalami breakout biasanya ditandai dengan kulit memerah akibat peradangan dan muncul banyak jerawat. Munculnya jerawat akibat breakout umumnya lebih sering terjadi pada usia remaja dan dewasa.

Selain dipicu efek penggunaan produk perawatan kulit yang kurang cocok, breakout juga bisa terjadi akibat perubahan hormon atau stres. Kondisi tersebut merupakan hasil dari hormon dan kelebihan produksi minyak. Pada dasarnya, androgen atau hormon seks, seperti testosteron, memicu kelenjar minyak untuk memproduksi sebum (zat berminyak pada kulit) secara berlebihan.

Minyak tersebut kemudian bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat yang disebut C. acnes. Pertumbuhan bakteri mengakibatkan peradangan di dalam kulit, akhirnya membentuk komedo putih, jerawat kistik, atau jerawat buta. Jadi, bila kamu memiliki kelenjar minyak yang lebih sensitif terhadap hormon penyebab jerawat, kamu akan lebih sering mengalami breakout wajah.

Jika kamu mengalami breakout yang perlu dilakukan pertama kali tentunya berhenti menggunakan produk yang memicu terjadinya breakout dan menjaga kebersihan kulit wajah. Kemudian, kamu bisa melakukan beberapa cara alami untuk menenangkan kulit breakout agar kondisinya tak semakin parah.

Salah satunya seperti unggahan video dari akun TikTok @onlineashka3 pada 11 Oktober 2022. Unggahan dengan durasi 32 detik tersebut berisi tentang trik menenangkan wajah breakout pakai masker dari 1 jenis bahan pemanis, yakni madu. Bahan utama ini juga ditambahkan dengan aloe vera gel.

"How to make ur own face mask easy (Cara membuat masker wajah sendiri dengan mudah)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, seperti briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @onlineashka3, Selasa (25/7).

(brl/ola)

tags

STORIES