Bukan pakai serum vitamin C, ini trik bikin scrub untuk atasi flek hitam di wajah dengan 2 bahan dapur

Bukan pakai serum vitamin C, ini trik bikin scrub untuk atasi flek hitam di wajah dengan 2 bahan dapur

Brilio.net - Noda di wajah tak hanya disebabkan oleh bekas jerawat saja, melainkan flek hitam yang juga menjadi masalah umum bagi kebanyakan orang. Flek hitam sendiri adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik dengan warna hitam kecokelatan di beberapa area kulit wajah. Meski begitu, nyatanya flek hitam juga bisa muncul di area tubuh lain lho. Seperti tangan, leher, atau bagian lain yang rentan terpapar sinar matahari.

Flek hitam ini umumnya muncul akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Pasalnya, paparan sinar matahari yang berlebih dapat memicu pembentukan melanin sebagai upaya alami kulit dalam melindungi diri dari efek buruk sinar matahari. Tak hanya sinar matahari saja, flek hitam juga bisa muncul karena faktor lain. Seperti polusi, efek penuaan, genetik, hingga penyakit tertentu.

Meski flek hitam bisa muncul di semua bagian tubuh, namun wajah adalah salah satu bagian yang paling rentan mengalami flek hitam. Bukan tanpa alasan, wajah memiliki kulit yang tipis dan rentan terpapar berbagai radikal bebas. Rendahnya kesadaran menggunakan sunscreen juga menjadi alasan kenapa flek hitam di wajah mudah muncul dan susah hilang.

Walaupun masalah kulit ini tidak menimbulkan rasa sakit atau berbahaya untuk kesehatan, flek hitam di wajah tetap saja dapat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Jika kamu salah satunya, tak perlu risau, karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kulit wajah ini. Seperti melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare khusus untuk flek hitam atau yang mengandung vitamin C, serta memanfaatkan bahan-bahan alami.

Penggunaan serum vitamin C memang efektif untuk memudarkan flek hitam di wajah. Namun sayangnya tak semua orang cocok dengan penggunaan serum vitamin C mengingat kadar vitamin C yang cukup tinggi justru akan membuat iritasi kulit bagi sebagian orang, khususnya pemilik kulit sensitif. Solusi lainnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES