Bukan pakai serum acne, ini cara mengatasi jerawat matang di wajah cuma pakai 2 bahan dapur

Bukan pakai serum acne, ini cara mengatasi jerawat matang di wajah cuma pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Wajah breakout atau acne prone skin adalah kondisi kulit yang dialami ketika terdapat banyak jerawat muncul dan tampak memerah (meradang). Munculnya jerawat umumnya lebih sering terjadi pada usia remaja dan dewasa. Selain dipicu oleh efek penggunaan produk perawatan kulit yang kurang cocok dengan kondisi kulit, jerawat juga bisa terjadi akibat perubahan hormon atau efek dari stres.

Masalah kulit wajah ini merupakan hasil dari hormon dan kelebihan produksi minyak. Pada dasarnya, perubahan hormonal seperti testosteron, memicu kelenjar minyak untuk memproduksi sebum secara berlebihan. Minyak tersebut kemudian bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat yang disebut P acnes.

Pertumbuhan bakteri ini menyebabkan peradangan di dalam kulit atau sel tempat tumbuhnya rambut, yang kemudian membentuk komedo putih, jerawat kistik, atau jerawat buta. Jerawat juga dapat disebabkan oleh paparan bahan atau zat kimia tertentu yang ada di produk kosmetik atau skincare. Namun, tidak semua orang mengalami jerawat saat mencoba jenis kosmetik atau produk perawatan kulit.

Munculnya reaksi tersebut biasanya tergantung pada jenis kulit. Orang yang memiliki tipe kulit sensitif akan lebih mudah mengalami masalah kulit ini. Biasanya kondisi ini akan ditandai dengan munculnya jerawat di beberapa area wajah. Mulai dari meradang, beruntusan, hingga jerawat matang yang tampak bernanah dan kemerahan. Meski tak mudah untuk mengatasi kondisi ini, namun bukan berarti permasalahan wajah ini tak ada solusinya, lho.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES