Bukan pakai salep, ini trik mengatasi gatal di sela jari karena kutu air hanya dengan 3 bahan masakan

Bukan pakai salep, ini trik mengatasi gatal di sela jari karena kutu air hanya dengan 3 bahan masakan

Brilio.net - Kutu air dikenal juga dengan istilah athletes foot atau kurap kaki. Kondisi ini rentan terjadi pada kaki yang sering basah atau lembap akibat berkeringat atau memakai sepatu ketat. Meski dapat diobati dengan obat antijamur, kondisi ini dapat kambuh kembali jika faktor pemicunya, seperti kaki yang sering lembap dan basah, tidak diatasi.

Gejala kutu air umumnya berkembang mulai dari sela jari kaki dan menyebar ke area kulit kaki lainnya, seperti kuku, telapak, punggung, dan sisi samping kaki. Infeksi jamur ini juga bisa menyebar ke area di sekitar kaki hingga ke kulit selangkangan.

Kutu air ditandai dengan munculnya ruam kemerahan yang bersisik dan disertai gatal di kulit kaki. Gatal akan bertambah parah ketika penderitanya melepas kaus kaki atau sepatu. Pada beberapa kasus, kutu air juga bisa menimbulkan bau kaki, luka di kaki, atau kulit kaki yang terlihat melepuh.

Kutu air merupakan penyakit menular. Penularan kutu air bisa terjadi melalui kontak langsung dengan penderita kutu air atau dengan benda yang terkontaminasi jamur, seperti handuk, lantai, sepatu, atau pakaian. Kutu air juga bisa menyerang semua golongan usia maupun jenis kelamin. Namun, penyakit kulit kaki ini lebih mudah dialami oleh orang dengan kondisi sistem imun (kekebalan tubuh) yang lemah.

Untuk mengatasinya, kebanyakan orang akan membeli obat salep guna mengatasi gatal dan luka pada sela kaki. Padahal, tak semua orang cocok dengan penggunaan salep tersebut. Nah, solusinya kamu bisa kok melakukan perawatan untuk mengatasi kutu air sekaligus gatal pada sela kaki menggunakan bahan alami.

Seperti video unggahan yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @raracantiknatural pada (20/5) lalu. Dalam unggahannya tersebut ia memberikan trik mengatasi gatal di sela jari karena kutu air hanya dengan 3 bahan masakan. Bahan masakan yang digunakan adalah bawang putih, bubuk kunyit, dan minyak kelapa.

"Gatal Disela Jari Karena Kutu Air?? Coba Cara Ampuh Ini," katanya dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @raracantiknatural, Kamis (15/6).

Trik mengatasi gatal di sela jari karena kutu air hanya dengan 3 bahan masakan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Bawang putih mengandung ajoene, yakni senyawa organosulfur yang berpotensi mengobati kutu air. Studi tahun 2000 pada Journal of the American Academy of Dermatology, membuktikan manfaat bawang putih dalam pengobatan kutu air jangka pendek.

Bawang putih juga mengandung minyak atsiri dan allicin yang bermanfaat sebagai antibakteri, antiseptik, serta antiinflamasi. Selain itu, kandungan pada bawang putih juga mampu meredakan rasa nyeri akibat rasa gatal yang berlebihan.

Sedangkan, bubuk kunyit juga bisa menjadi bahan yang mengandung antimikroba dan antiinflamasi. Kedua kandungan tersebut bisa membantu menghilangkan jamur yang terdapat pada sela kaki. Kunyit akan menghambat pertumbuhan jamur penyebab gatal. Tak terkecuali dengan minyak kelapa, minyak ini bersifat antimikroba dan antibakteri, yang artinya sangat efektif dalam mengobati kutu air. Sehingga, dapat dijadikan obat topikal yang aman di kulit.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES