Bukan pakai sabun pemutih, ini trik atasi wajah kusam dan menua dengan 3 bahan dapur

Bukan pakai sabun pemutih, ini trik atasi wajah kusam dan menua dengan 3 bahan dapur

Brilio.net - Ada banyak permasalahan kulit wajah yang dapat membuat kebanyakan orang jadi kurang percaya diri. Beberapa di antaranya adalah wajah kusam dan berbagai tanda penuaan. Wajah kusam adalah kondisi yang umum dialami oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Pasalnya, Indonesia memiliki iklim hangat dengan intensitas sinar matahari yang tinggi.

Paparan sinar matahari yang tinggi dapat berdampak buruk untuk kesehatan kulit. Biasanya kulit yang tak terlindungi oleh tabir surya, akan rentan menggelap dan kusam. Kondisi ini disebut dengan hiperpigmentasi. Sinar matahari akan memicu pembentukan melanin (pigmen alami kulit) sebagai upaya perlindungan kulit dari efek buruk sinar matahari.

Melanin yang berlebih ini akan memunculkan noda gelap di permukaan kulit. Tak hanya menyebabkan wajah kusam dan gelap, paparan sinar matahari yang berlebih juga rentan membuat kulit cepat menua. Ini karena produksi kolagen dan elastin pada jaringan kulit akan rusak akibat paparan sinar matahari, sehingga kulit kehilangan kemampuan untuk menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit.

Faktor lain yang bisa menyebabkan kondisi ini adalah polusi, perubahan cuaca, gaya hidup yang tidak sehat, dan faktor usia. Sebagai solusinya, banyak yang memanfaatkan sabun pemutih untuk mencerahkan wajah kusam. Namun sayangnya, produk ini mengandung bahan kimia yang berbahaya jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES