Bukan pakai putih telur, trik emak-emak atasi wajah berpori-pori besar ini cuma pakai 2 bahan alami

Bukan pakai putih telur, trik emak-emak atasi wajah berpori-pori besar ini cuma pakai 2 bahan alami

Brilio.net - Pori-pori wajah adalah komponen kulit yang memiliki peran penting sebagai tempat keluarnya sebum atau minyak alami kulit. Nah, sebum ini akan membantu menjaga kelembapan dan hidrasi kulit wajah.

Namun terkadang, pori-pori jadi tampak lebih besar dari usia yang sebenarnya karena tersumbat oleh beberapa kotoran. Seperti sel kulit mati yang menumpuk, debu, hingga sisa makeup yang tak dibersihkan secara optimal.

Kotoran tersebut akan menyumbat pori-pori wajah dan berubah menjadi komedo. Bahkan jika terus dibiarkan, maka komedo akan menyebabkan jerawat yang meradang. Tampilan pori-pori besar ini juga akan membuat kelenjar keringat memproduksi sebum berlebih dan menyebabkan wajah tampak kusam.

Tak hanya karena pori-pori yang tersumbat, pori-pori yang membesar juga bisa disebabkan oleh menurunnya elastisitas kulit. Kondisi ini umumnya dialami orang yang kulitnya terlihat kendur, biasanya akan dialami saat seseorang memasuki usia lanjut, yaitu di usia 30 tahun ke atas, sehingga pori-pori tampak lebih besar.

Pada sebagian orang, pori-pori besar dapat terlihat jelas dan mengganggu penampilan. Apalagi bagi para wanita yang hobi merias wajah, tampilan pori-pori besar akan membuat riasan jadi mudah luntur karena produksi minyak berlebih di wajah. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara untuk mengecilkan atau menyamarkan tampilan pori-pori besar di wajah.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Banyak orang yang menggunakan putih telur untuk mengurangi produksi minyak berlebih di wajah sekaligus mengecilkan pori-pori besar.

Bahan alami ini memang efektif untuk mengencangkan wajah dan mengatasi wajah berpori-pori besar. Namun sayangnya, tak semua orang cocok menggunakan putih telur di wajahnya. Pasalnya, beberapa orang justru mengalami iritasi kulit karena efek wajah yang terlalu kering setelah menggunakan putih telur sebagai masker wajah.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES