Bukan pakai pasta gigi, ini cara bersihkan komedo di dagu dan hidung pakai bubuk 1 jenis minuman

Bukan pakai pasta gigi, ini cara bersihkan komedo di dagu dan hidung pakai bubuk 1 jenis minuman

Brilio.net - Komedo merupakan kondisi dimana pori-pori tersumbat sebum (minyak alami), sel kulit mati, dan debu, merupakan salah satu masalah kulit yang cukup lazim muncul di kulit wajah. Berdasarkan jenisnya, komedo dapat dibagi menjadi 2, yaitu komedo terbuka (blackhead) dan komedo tertutup (whitehead).

Komedo terbuka memiliki tampilan yang gelap karena paparan udara yang mengoksidasi minyak dan sel kulit mati di dalam pori-pori, sementara komedo tertutup tidak teroksidasi dan memiliki tampilan yang berwarna putih atau kulit.

Faktor utama yang dapat menyebabkan masalah komedo terletak pada aktivitas produksi minyak berlebih oleh kelenjar sebaceous. Meskipun sebum memiliki peran penting dalam menjaga kelembapan alami kulit, produksi berlebih justru berpotensi menyumbat pori-pori. Apalagi ketika ditambah dengan kondisi kulit yang penuh dengan penumpukan sel kulit mati, kedua hal tersebut dapat menggumpal bersama debu dan akhirnya membentuk komedo. Bila tidak ditangani dengan baik, komedo justru berpotensi besar menimbulkan masalah lainnya pada kulit, termasuk diantaranya adalah jerawat dan peradangan.

Oleh karena itu, meskipun tidak memiliki potensi bahaya secara medis, lebih baik mengatasinya sebelum berubah menjadi bahaya lain bukan? Nah, untuk itu, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi komedo ini. Salah satunya adalah dengan mengandalkan bubuk kopi bersama air mawar sebagai bahan dasarnya sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari Instagram @beautywithsunanda0795 pada Selasa (1/8).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES