Bukan pakai obat kumur, ini trik usir gigi kuning dan bau mulut sekaligus pakai 1 jenis minyak

Bukan pakai obat kumur, ini trik usir gigi kuning dan bau mulut sekaligus pakai 1 jenis minyak

Brilio.net - Sebagai organ yang berfungsi dalam aktivitas konsumsi makan dan minum, mulut menjadi salah satu tempat ideal bagi bakteri untuk tumbuh. Hal ini dikarenakan sisa makan dan minum yang menempel pada gigi sangat mungkin bercampur dengan air liur. Akibatnya, bakteri di dalam mulut pun terpicu untuk berkembang biak sehingga memunculkan bau yang tidak sedap.

Tidak hanya bau mulut, proses di atas juga dapat menyebabkan gigi menjadi kotor membentuk lapisan lengket berwarna kuning. Apabila tidak dibersihkan dengan baik, kondisi ini bisa menimbulkan masalah lain seperti plak, karang, dan lubang gigi.

Salah satu tindakan preventif yang banyak digunakan orang adalah menggunakan obat kumur karena dapat mengatasi bau mulut sementara serta memberikan kesegaran pada mulut. Namun, penggunaan obat kumur jangka panjang dan secara berlebihan juga dapat memiliki efek negatif. Beberapa obat kumur mengandung alkohol yang dapat menyebabkan mulut menjadi kering.

Keadaan mulut kering sebenarnya dapat memperburuk masalah bau mulut karena produksi air liur yang kurang menyebabkan bakteri berkembang biak dengan lebih cepat. Selain itu, penggunaan obat kumur yang mengandung bahan kimia juga dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi pada beberapa orang.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES