Bukan pakai oatmeal, ini trik pudarkan pori-pori besar cuma gunakan 2 bahan alami

Bukan pakai oatmeal, ini trik pudarkan pori-pori besar cuma gunakan 2 bahan alami

Brilio.net - Setiap orang memiliki tipe pori-pori wajah yang berbeda-beda. Namun, orang dengan tipe kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori besar dibandingkan orang dengan tipe kulit lainnya. Pori-pori memiliki kelenjar sebaceous di bawah permukaan kulit yang memproduksi sebum untuk menjaga kelembapan.

Jumlah produksi minyak berbeda-beda pada setiap orang. Produksi sebum yang berlebihan memicu berbagai masalah pada kulit berminyak, seperti tampilan pori-pori yang membesar dan terbuka. Hal ini dapat memudahkan kotoran menempel dan masuk ke kulit yang pada akhirnya menyebabkan penyumbatan.

Akibatnya dapat terbentuk jerawat, komedo, iritasi dan sebagainya. Untuk mengatasi permasalah kulit tersebut, kamu bisa memanfaatkan berbagai bahan alami yang kerap ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan menggunakan madu yang dicampur dengan jeruk nipis sebagaimana yang dibagikan oleh @betha.beauty_health di TikTok yang dilansir briliobeauty.net pada Kamis (14/3).

Apa manfaat dan kandungan madu dalam mengatasi pori-pori besar?

Madu merupakan salah satu bahan pemanis alami yang kerap digunakan masyarakat. Madu memiliki beragam kandungan yang bermanfaat bagi kulit, meskipun belum ada penelitian yang menunjukkan secara langsung bahwa madu secara khusus dapat mengatasi pori-pori besar. Namun, beberapa manfaat madu dapat digunakan untuk kulit yang mungkin dapat membantu dalam perawatan pori-pori besar.

trik pudarkan pori-pori besar pakai bahan alami  2024 brilio.net

foto: TikTok/@betha.beauty_health

Melansir Healthline, madu memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit. Pori-pori besar seringkali terjadi akibat peradangan atau iritasi, sehingga kemampuan madu untuk meredakan peradangan dapat membantu mengurangi penampilan pori-pori. Tak hanya itu, madu juga dikenal sebagai agen pelembab alami yang baik sehingga penggunaan madu bisa membantu melembabkan kulit sehinga menjadi lebih sehat dan elastis.

Selain itu, kandungan antimikroba dalam madu dapat membantu membersihkan kulit dari bakteri dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Dengan membersihkan pori-pori secara efektif, madu dapat membantu mengurangi risiko pembesaran pori-pori.

Jeruk nipis kaya akan sumber antioksidan yang melindungi kulit dari sinar UV.

Jeruk nipis adalah jenis buah sitrus yang memiliki nama ilmiah Citrus aurantiifolia. Buah ini memiliki rasa yang asam dan segar, dan sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan, minuman, atau sebagai bahan alami dalam perawatan kulit.

Pada perawatan kulit, jeruk nipis kaya akan asam sitrat, yang memiliki sifat astringen alami. Sifat astringen ini dapat membantu menyempitkan pori-pori kulit dengan merangsang kontraksi jaringan. Tak sampai disitu saja, kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Eksfoliasi kulit secara teratur dapat membantu menjaga pori-pori lebih bersih dan menyamarkan tampilan pori-pori besar.

trik pudarkan pori-pori besar pakai bahan alami  2024 brilio.net

foto: TikTok/@betha.beauty_health

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES