Bukan pakai masker oatmeal, trik mengecilkan ukuran pori wajah ala wanita ini cuma dengan 1 jenis buah

Bukan pakai masker oatmeal, trik mengecilkan ukuran pori wajah ala wanita ini cuma dengan 1 jenis buah

Brilio.net - Pori-pori wajah adalah bagian kulit yang memiliki manfaat sebagai tempat keluarnya sebum atau minyak alami kulit. Sebum ini akan menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit wajah.

Namun sayangnya, pori-pori wajah akan tampak lebih besar dari ukuran yang semestinya. Karena itu, wajah jadi rentan berminyak, kusam, mudah berjerawat, dan tampak kurang mulus.

Ukuran pori-pori yang besar juga disebabkan oleh menumpuknya sel kulit mati di wajah dan faktor usia, sehingga pori-pori kehilangan elastisitasnya. Faktor eksternal juga dapat membuat pori-pori wajah membesar, seperti paparan sinar UV dari matahari, polusi, asap rokok, serta radikal bebas lainnya dapat merusak jaringan kolagen dan elastin pada kulit, sehingga struktur kulit di pori-pori jadi melemah.

Kulit di mulut pori-pori akan lebih mudah mengendur, sehingga pori-pori menjadi terlihat besar. Nah, kotoran yang menyumbat tersebut jika tak segera dibersihkan, maka akan berubah menjadi komedo.

Komedo merupakan cikal bakal terbentuknya jerawat jika bercampur dengan bakteri p.acnes yang memicu munculnya peradangan. Oleh sebab itu, jika ingin pori-pori wajah tampak mengecil, kamu perlu membersihkan pori-pori terlebih dahulu dari komedo yang menumpuk.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan masker oatmeal. Oatmeal memang bisa bertindak sebagai eksfoliator, namun sayangnya penggunaan oatmeal perlu metode yang tepat.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES