Bukan pakai lemon dan kunyit, begini trik atasi flek hitam penyebab wajah kusam dengan 1 jenis buah

Bukan pakai lemon dan kunyit, begini trik atasi flek hitam penyebab wajah kusam dengan 1 jenis buah

Brilio.net - Kulit wajah yang tampak kusam rupanya tak hanya disebabkan karena sel kulit mati yang menumpuk. Ternyata flek hitam juga menjadi salah satu penyebabnya. Flek hitam atau ephelis adalah bintik-bintik kecil pada kulit yang berwarna lebih gelap daripada area di sekelilingnya.

Flek hitam sering muncul di wajah. Namun, flek hitam juga bisa terjadi di kulit lengan, dada, atau leher. Flek hitam merupakan kondisi yang wajar dan dapat terjadi di segala usia, terutama pada musim panas dan pada orang yang berkulit putih. Kondisi ini terjadi akibat peningkatan produksi pigmen alami kulit (melanin).

Flek hitam sering disebut freckles. Padahal, flek hitam hanyalah salah satu jenis freckles. Jenis lain dari freckles adalah lentigo. Salah satu jenis lentigo, yaitu solar lentigo yang sering muncul pada usia tua dan penyebab utamanya adalah paparan sinar matahari.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan timbulnya flek hitam. Diantaranya akibat terkena paparan sinar matahari, ketidakseimbangan hormon, penggunaan produk kecantikan dengan kandungan yang tidak tepat, usia, kehamilan, efek samping obat, kurang vitamin, kurang tidur, serta karena stres.

Meski masalah kulit satu ini tidak berbahaya, banyak orang yang merasa cukup terganggu serta tidak nyaman dengan adanya flek-flek hitam di wajah. Pasalnya, masalah ini dapat membuat kulit jadi bernoda dan tampak kusam. Oleh sebab itu, banyak orang mencari cara untuk menghilangkan masalah kulit yang satu ini. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES