Bukan pakai lemon dan garam, ini trik memutihkan gigi kuning dan atasi bau mulut pakai 1 jenis minyak

Bukan pakai lemon dan garam, ini trik memutihkan gigi kuning dan atasi bau mulut pakai 1 jenis minyak

Brilio.net - Selain sakit gigi, permasalahan umum yang kerap kali dialami oleh banyak orang adalah gigi kuning dan bau mulut yang tidak sedap. Kondisi ini dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang, karena dapat mengganggu estetika dan kenyamanan. Tak heran banyak orang yang mencari cara untuk memutihkan gigi dan mengatasi bau mulutnya. Perlu diketahui bahwa menurut Healthline, banyak faktor yang menyebabkan gigi menjadi kusam dan kehilangan kilau putihnya.

Makanan tertentu dapat menodai email gigi yang merupakan lapisan terluar gigi. Selain itu, penumpukan plak pada gigi dapat menyebabkan gigi tampak kuning. Jenis perubahan warna ini biasanya dapat diatasi dengan pembersihan dan pemutihan secara teratur. Memang, cara paling utama untuk mengatasi warna kuning pada gigi adalah dengan rutin menyikatnya dengan pasta gigi.

Namun, beberapa kebiasaan buruk seperti merokok atau minum kopi sulit untuk membuat gigi tetap putih. Selain gigi yang tampak menguning, terkadang bau mulut juga muncul karena kebiasaan tersebut. Umumnya bau mulut timbul karena sisa makanan, bakteri, dan kotoran yang ada di mulut. Sisa makanan yang berada di dalam mulut akan dihancurkan bakteri, sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

Kedua permasalahan tersebut membuat siapapun penderitanya jadi kurang percaya diri, sehingga banyak orang mencari cara memutihkan gigi kuning dan mengatasi bau pada mulutnya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Tak sedikit orang menggunakan lemon dan garam untuk mengatasi masalah gigi kuning dan bau mulut.

Padahal, ada bahan lain yang ampuh untuk mengatasi dan mencegah kedua masalah mulut tersebut, lho. Seperti unggahan yang dibagikan akun TikTok @eatmoverest pada 8 Juni 2020 lalu. Unggahan tersebut berisi trik memutihkan gigi kuning dan mengatasi bau mulut pakai minyak kelapa. Tak hanya minyak kelapa, ia juga menambahkan bahan lain yaitu baking soda.

Kandungan dan manfaat minyak kelapa untuk gigi kuning dan bau mulut tak sedap.

Manfaat minyak kelapa untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut rupanya sudah dikenal sejak zaman dahulu. Pemanfaatan ini dikenal dengan istilah oil pulling yang pertama kali ditemukan di India. Meski tidak bisa digunakan sebagai satu-satunya perawatan pada masalah gigi, kandungan asam laurat dalam minyak kelapa terbukti dapat mencegah beragam masalah pada gigi.

Memutihkan gigi kuning dan atasi bau mulut Berbagai sumber

foto: freepik.com

Asam laurat merupakan jenis asam lemak yang paling efektif untuk membunuh bakteri dibandingkan jenis asam lainnya. Minyak kelapa mungkin tidak dapat digunakan untuk memutihkan gigi secara langsung. Namun, minyak kelapa memiliki manfaat sebagai pembunuh bakteri dan pencegahan gigi berlubang.

Artinya, cairan ini juga mencegah perubahan warna gigi yang menyertai kondisi tersebut. Adanya kandungan monolaurin dalam minyak kelapa terbukti mampu menekan pertumbuhan bakteri mulut sehingga bau mulut dapat diatasi.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES