Bukan pakai krim kolagen, ini trik melawan penuaan dini di kulit dengan 1 jenis buah

Bukan pakai krim kolagen, ini trik melawan penuaan dini di kulit dengan 1 jenis buah

Brilio.net - Memiliki wajah yang terlihat awet muda dalam waktu lama menjadi impian kebanyakan orang. Namun seiring bertambahnya umur, setiap individu pada dasarnya akan mengalami proses penuaan. Penuaan pada kulit dapat dilihat dengan perubahan struktur dan kekencangan akibat berkurangnya produksi kolagen dan serat elastin di dalam kulit. Tanda-tanda umum penuaan kulit biasanya meliputi mengendurnya wajah hingga timbulnya kerutan seperti keriput dan garis halus.

Meski tak dapat dihindari, nyatanya ada berbagai faktor yang dapat mempercepat proses penuaan kulit yang ujungnya akan memunculkan efek penuaan dini. Hal ini disebabkan penuaan dapat diperparah oleh pengaruh eksternal. Kulit yang sering terkena paparan sinar matahari dan polusi menjadi hal pemicu paling umum. Kedua faktor ini tidak hanya merusak struktur kolagen dan elastin di dalam kulit, namun juga mengurangi kelembapan alami yang penting untuk menjaga kekencangan dan kekuatan skin barrier kulit.

Salah satu produk skincare yang paling banyak dicari untuk melawan efek penuaan dini adalah krim kolagen. Sebagaimana namanya, produk ini merupakan sejenis moisturizer atau pelembab wajah yang diformulasikan dengan kandungan kolagen, sehingga dapat menstimulasi peningkatan kolagen di area kulit. Bahkan, produk sejenis ini biasanya juga diperkaya dengan komponen bermanfaat lain yang bisa meminimalisir tanda-tanda penuaan, seperti retinol, niacinamide, ceramide, dan sebagainya.

Akan tetapi, kamu juga bisa melawan penuaan dini di kulit tanpa krim kolagen lho. Soalnya, kamu bisa mencoba mengandalkan bahan-bahan alami untuk dimanfaatkan kandungannya dalam menutrisi tubuh secara langsung dari dalam, sehingga baik badan dan kulit pun akan menjadi sehat.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES