Bukan pakai kopi dan oatmeal, ini trik atasi flek hiperpigmentasi wajah dengan 1 jenis buah-buahan

Bukan pakai kopi dan oatmeal, ini trik atasi flek hiperpigmentasi wajah dengan 1 jenis buah-buahan

Brilio.net - Salah satu masalah kulit wajah yang paling mengganggu adalah hiperpigmentasi atau yang biasa disebut dengan flek hitam. Saat hiperpigmentasi kulit terjadi, muncul flek-flek hitam di wajah, dari yang berupa bintik sampai bercak-bercak kecokelatan. Hiperpigmentasi adalah menggelapnya kulit di area tertentu akibat produksi melanin (zat pigmen yang memberi warna bagi kulit dan rambut) yang berlebihan.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya hiperpigmentasi yang mengakibatkan sel-sel melanosit di kulit menjadi sangat aktif sehingga produksi melanin pun meningkat. Akibatnya, muncul flek-flek hitam dengan bentuk variatif dan warna yang juga beragam, mulai cokelat muda sampai hitam.

Hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti peradangan pada kulit, paparan sinar matahari berlebihan, penuaan kulit, penggunaan obat-obat tertentu, semisal pil KB, dan kehamilan. Flek hitam sebenarnya bukanlah kondisi yang berbahaya. Namun, keberadaan bintik-bintik gelap di wajah ini biasanya dapat menyebabkan seseorang kehilangan percaya diri.

Tak heran, kalau banyak orang melakukan berbagai cara untuk mencoba menghilangkan flek hitam akibat hiperpigmentasi agar kulit wajah kembali cerah merata dan mulus. Salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bukan pakai kopi dan oatmeal, ada bahan alami lain yang ternyata juga ampuh untuk memudarkan flek hiperpigmentasi pada wajah.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES