Bukan pakai kentang, ini trik bikin wajah belang dan gelap jadi cerah merata pakai 1 jenis buah

Bukan pakai kentang, ini trik bikin wajah belang dan gelap jadi cerah merata pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Warna kulit manusia pada dasarnya dibentuk oleh pigmen yang disebut melanin. Secara umum, melanin diproduksi dalam jumlah yang merata menyesuaikan dengan kondisi genetik pada warna kulit. Namun begitu, keseimbangan produksi melanin dapat terganggu oleh beberapa faktor, yang salah satunya dapat mengakibatkan peningkatan produksi melanin. Akumulasi melanin ini sendiri dapat memicu masalah penggelapan di beberapa bagian kulit, sehingga menciptakan ketidakmerataan warna kulit atau belang.

Kondisi kulit belang biasanya muncul ketika seseorang terkena paparan polusi dan sinar matahari terus menerus. Gelombang UV yang dipancarkan matahari sejatinya dapat mengakibatkan peningkatan produksi melanin dan memberikan efek terbakar pada kulit. Karena sinar matahari ini akan mengenai beberapa area kulit secara bergantian, maka proses penggelapan kulit pun tidak terjadi secara menyeluruh.

Selain itu, menempelnya polusi dan debu pada kulit setelah aktivitas sehari-hari juga dapat menyebabkan kulit menjadi belang. Hal ini dikarenakan partikel polusi membawa kotoran yang dapat merusak sel-sel kulit, sehingga memicu peningkatan produksi melanin di area yang terpapar langsung. Akibatnya, kulit akan mengalami proses hiperpigmentasi, sehingga terlihat belang dan wajah terlihat kusam.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif untuk meratakan warna kulit dan mencerahkannya. Salah satunya adalah dengan menggunakan campuran tomat, tepung beras, dan madu seperti yang ditunjukkan oleh akun Instagram @mayankgandhi25, dilansir briliobeauty.net pada Kamis (18/1).

belang gelap jadi cerah  Instagram

foto: freepik.com

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES