Bukan pakai jahe, ini trik mudah menghilangkan karang gigi agar tak meradang cuma perlu 1 bahan rempah

Bukan pakai jahe, ini trik mudah menghilangkan karang gigi agar tak meradang cuma perlu 1 bahan rempah

Brilio.net - Setiap orang tentunya memerlukan makan dan minum untuk mengisi energi tubuh mereka setiap hari. Nah, proses ini jelas akan melibatkan gigi. Gigi merupakan salah satu organ terpenting dalam sistem pencernaan yang berfungsi untuk melunakkan makanan agar mudah dicerna oleh perut. Namun begitu, proses makan dan minum ini seringkali meninggalkan kotoran di sela-sela gigi yang kadang tidak terperhatikan dengan baik.

Sisa kotoran yang tak dibersihkan dengan sempurna itu lama-kelamaan dapat menumpuk dan menimbulkan masalah berupa karang gigi. Masalah yang dikenal dengan istilah dental calculus di dunia medis, merupakan kondisi yang menggambarkan terjadinya pengerasan (kalsifikasi) kotoran di mulut akibat reaksinya dengan bakteri dan air liur. Masalah ini tidak hanya membuat gigi menjadi kuning dan terkesan kotor, namun juga menimbulkan bau mulut.

Masalah tersebut tentu membuat lawan bicara menjadi tidak nyaman dan ingin segera mengakhiri pembicaraan. Penyebab utama timbulnya karang gigi adalah kebiasan buruk, seperti tidak menjaga kebersihan mulut secara teratur. Kebiasaan seperti rutin menyikat gigi dan berkumur dengan menggunakan bahan antiseptik dapat mencegah terjadinya karang.

Selain faktor tersebut, mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi juga bisa memicu berkembangnya bakteri dalam mulut. Kalau sudah seperti itu, karang gigi jadi sulit untuk dihilangkan. Sebenarnya plak dan karang gigi yang menumpuk itu bisa dihilangkan dengan menggunakan perawatan secara intens.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES