Bukan pakai buah bit, ini trik cerahkan flek hitam dan mata panda sekaligus pakai 1 jenis umbi-umbian

Bukan pakai buah bit, ini trik cerahkan flek hitam dan mata panda sekaligus pakai 1 jenis umbi-umbian

Brilio.net - Salah satu jenis masalah kulit yang banyak dihadapi oleh banyak orang perkara hiperpigmentasi atau penggelapan pada area kulit. Nah, problematika hiperpigmentasi di wajah sendiri umumnya muncul pada 2 bentuk, yakninya mata panda dan flek hitam.

Mata panda pada dasarnya merujuk pada lingkaran hitam atau bengkak yang muncul di sekitar mata, memberikan kesan lelah atau kurang tidur pada seseorang. Berkaitan dengannya, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya mata panda, termasuk diantaranya seperti kurang tidur, kelelahan, dan stres.

Berbagai faktor di atas memicu proses produksi melanin berlebihan di area bawah mata yang relatif tipis, sehingga penumpukan melanin tadi akan terlihat lebih gelap dari kulit wajah lainnya seperti mata pada wajah panda.

Sementara itu, sebagaimana namanya, flek hitam merupakan sebutan bagi noda gelap yang muncul pada permukaan kulit. Flek hitam sendiri umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi yang berlebihan.

Paparan sinar UV merangsang melanosit dalam kulit untuk memproduksi melanin sebagai mekanisme perlindungan dari kerusakan sinar UV. Produksi pigmen warna yang berlebihan ini kemudian akan terakumulasi menjadi spot-spot hitam pada beberapa bagian wajah sehingga kulit wajah pun terlihat belang.

Untuk mengatasi kedua masalah di atas secara bersaman, kamu nggak perlu bingung kok. Soalnya, kamu bisa mengandalkan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif yang nggak kalah efektif dengan produk komersil di luar sana.

Salah satunya adalah dengan menggunakan kentang dan aloe vera, seperti yang ditunjukkan @archanasindhu_7777 di Instagram sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Jumat (25/8).

cerahkan flek hitam dan mata panda sekaligus  Instagram

foto: freepik.com

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES