Bukan pakai ampas teh, ini cara bikin kulit halus dan kenyal dengan scrub dari 1 jenis bahan makanan

Bukan pakai ampas teh, ini cara bikin kulit halus dan kenyal dengan scrub dari 1 jenis bahan makanan

Brilio.net - Merawat kulit merupakan hal yang wajib dilakukan jika ingin memiliki kulit yang sehat, halus, dan tampak awet muda. Namun sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan perawatan kulitnya. Sehingga, beberapa orang kini sudah mengalami kulit yang mulai kendur, keriput, serta kering meskipun usia masih terbilang muda.

Penyebabnya pun bermacam, bisa diakibatkan oleh stres, ketidakseimbangan hormon, paparan sinar matahari berlebihan, hingga adanya kondisi medis tertentu. Jenis kulit kering biasanya ditandai dengan kulit terasa bersisik dan kasar.

Seiring bertambahnya usia, kulit secara alami menurun elastisitasnya dan lebih rapuh. Berkurangnya produksi sebum alami membuat kulit kering dan tampak lebih keriput karena lemak di lapisan bawah kulit berkurang. Kondisi inilah yang menyebabkan kulit kendur serta menunjukkan garis-garis halus.

Kulit yang kering tidak memiliki kekenyalan sehingga lebih mudah berkeriput. Kondisi tersebut menandakan bahwa kelembapan kulit sangat sedikit. Untuk menjaga kelembapan kulit dari dalam, minumlah air putih yang banyak, makan sayur, dan buah. Selain itu, kamu juga harus merawat kulitmu dari luar. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Kamu bisa membuat body scrub dari bahan-bahan alami guna menghaluskan tekstur kulit dan membuat kulit lebih kenyal. Bukan dengan ampas teh, karena ada bahan alami lain yang juga ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Seperti yang akun TikTok @measurabledifference bagian pada 14 Juni 2023.

Akun tersebut membagikan tentang cara bikin kulit halus dan kenyal dengan scrub dari 1 jenis bahan makanan. Bahan makanan yang dimaksud adalah oatmeal. Selain oatmeal, ia juga menambahkan bahan lain yaitu gula pasir, minyak kelapa, dan madu.

"DIY Oatmeal Sugar Body Scrub (DIY Lulur Gula Oatmeal)," katanya dalam keterangan video, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @measurabledifference, Kamis (24/8).

Kulit halus dan kenyal dengan 1 jenis bahan makanan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain sebagai bahan makanan yang kaya serat, ternyata oatmeal juga bisa kamu manfaatkan untuk merawat kulitmu lho. Salah satu manfaat yang sayang kamu lewatkan dari oatmeal yaitu menjaga kelembapan kulit. Mengutip dari situs DermNet, kandungan koloid pada oatmeal membantu mengikat jaringan kulit dan memberikan perlindungan terhadap iritasi.

Hal ini dikarenakan senyawa tersebut mengandung polikasarida sebagai pengikat air dan hidrokoloid yang menjaga kelembapan pada kulit. Teksturnya yang sedikit kasar juga mampu bertindak sebagai eksfoliator alami guna menghaluskan tekstur kulit yang kasar. Sehingga, kulit jadi lebih halus dan kenyal.

Sedangkan, gula pasir dengan teksturnya yang kasar bisa dijadikan sebagai scrub alami untuk mengeksfoliasi kulit. Dengan menjadikan gula sebagai scrub alami, kamu bisa mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit menjadi tampak lebih bersih dan halus.

Siapa sangka ternyata gula juga dapat digunakan untuk menghidrasi kulit. Hal ini dikarenakan gula memiliki unsur humektan yang dapat menarik uap air ke dalam kulit dan menguncinya agar tidak mudah hilang. Dengan begitu, penggunaan gula pasir sebagai scrub bagi kulit juga dapat membantu memberikan hidrasi ekstra pada kulit, sehingga kulit menjadi sehat dan antikering.

Begitupun dengan minyak kelapa yang memiliki kandungan asam linoleat yang bisa membuat kulit terhidrasi, sehingga bisa memperkuat lapisan teratas kulit (skin barrier). Berkat kemampuannya dalam melembapkan kulit, pemilik kulit kering bisa menjadikan minyak kelapa sebagai perawatan kulit agar kulit lebih lembap dan kenyal.

Tak terkecuali dengan madu yang memiliki sifat emolien yang menjadikannya sebagai pelembap yang bagus untuk kulit. Dalam hal ini, madu mengunci kelembapan di kulit dan membuatnya lembut serta terhidrasi.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES