Bukan pakai aloe vera gel, ini trik menenangkan wajah sensitif pakai masker dari 1 jenis bahan minuman

Bukan pakai aloe vera gel, ini trik menenangkan wajah sensitif pakai masker dari 1 jenis bahan minuman

Brilio.net - Kulit sensitif adalah kulit yang bereaksi berlebihan terhadap faktor dari lingkungan. Reaksi kulit berlebihan (termasuk alergi pada kulit) kerap dialami saat memakai kosmetik, sabun, sampo, hingga produk perawatan kulit seperti lotion dan sunscreen.

Kondisi kulit ini bisa memburuk saat terpapar udara yang kering dan dingin. Meskipun tanda iritasi tidak selalu terdeteksi, keluhan seperti gatal, perih, tersengat, atau sensasi kulit yang terasa kencang umumnya selalu ada. Tiap orang memiliki pemicu yang berbeda. Ada orang yang kulitnya peka terhadap perubahan suhu dan paparan polusi, sedangkan yang lain mungkin bereaksi akibat pemicu lain.

Penyebab lain yang juga cukup umum adalah penggunaan produk skincare secara berlebihan, kebiasaan bergonta-ganti produk, atau terlalu sering melakukan prosedur eksfoliasi. Hal ini dapat merusak lapisan pelindung kulit sehingga kulit menjadi lebih rentan. Alhasil, kulit mudah mengalami iritasi, terasa panas, dan mengelupas.

Kulit sensitif berbeda dengan empat jenis kulit lain yang umum dikenal. Kulit sensitif pada dasarnya adalah kulit yang mudah teriritasi. Pemiliknya bisa saja mempunyai kulit berminyak, kering, kombinasi, maupun normal. Untuk mencegah timbulnya reaksi berlebih dan iritasi pada kulit, ada sejumlah cara menenangkan kulit sensitif yang dapat dilakukan.

Salah satunya seperti video yang dibagikan oleh akun TikTok @lauravlekaj pada 22 Juli 2021. Unggahan tersebut berisi tentang trik menenangkan wajah sensitif pakai masker dari 1 jenis bahan minuman. Bahan minuman yang dimaksud adalah teh hijau. Selain teh hijau, trik ini juga menambahkan madu.

"I swear by this mask for my sensitive skin (Saya bersumpah dengan masker ini untuk kulit sensitif saya)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @lauravlekaj, Minggu (23/7).

Trik menenangkan wajah sensitif pakai masker dari 1 jenis bahan minuman Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tak hanya sebagai bahan minuman, ternyata teh hijau juga memiliki beragam manfaat untuk merawat wajah. Salah satunya menenangkan kulit sensitif. Teh hijau mengandung kafein yang berperan untuk meredakan stres, serta vitamin B1, B2, niasin, dan asam pantotenat. Lalu, ada juga vitamin C, E, kalium, kalsium, seng, nikel, molybdenum, flour, dan saponin. Nah, kombinasi dari kandungan teh hijau ini memberikan manfaat signifikan untuk kesehatan kulit dan wajah.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES