Bukan pakai air mawar, ini trik atasi flek hitam membandel di wajah dengan 1 jenis rempah

Bukan pakai air mawar, ini trik atasi flek hitam membandel di wajah dengan 1 jenis rempah

Brilio.net - Warna kulit wajah yang tidak merata dapat membuat penampilan jadi kurang optimal. Wajah jadi tampak kusam dan tak mulus. Salah satu masalah kulit wajah yang menjadi penyebabnya adalah flek hitam. Flek hitam muncul karena meningkatnya produksi zat pewarna melanin di kulit akibat terlalu sering terpapar sinar matahari atau sinar UV dalam waktu yang lama.

Risiko munculnya flek hitam akan meningkat jika tinggal di wilayah dengan paparan sinar UV yang tinggi, seperti Indonesia. Seiring bertambahnya usia, risiko munculnya flek hitam akan makin meningkat. Hal ini karena regenerasi kulit mulai melambat. Meskipun umumnya muncul di wajah, kondisi ini juga bisa ditemukan di anggota tubuh yang lain seperti punggung tangan, kulit lengan, leher, atau bahu dan dada.

Walaupun tidak berbahaya, kemunculan flek hitam, terutama di wajah, dapat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Apalagi terkadang flek hitam cukup membandel dan sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu, berbagai cara untuk menghilangkan flek hitam di wajah pun perlu diupayakan agar flek hitam tidak muncul lagi.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan bahan-bahan alami. Bukan pakai air mawar, karena akun TikTok @mulabs yang diunggah pada 2 Agustus 2023, justru menggunakan 1 jenis rempah. Rempah yang dimaksud adalah bubuk kunyit. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu madu.

"DIY turmeric and honey face mask to clear dark spots (Masker wajah kunyit dan madu DIY untuk menghilangkan flek hitam)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @mulabs, Minggu (15/10).

Atasi flek hitam membandel di wajah dengan 1 jenis rempah Berbagai sumber

foto: freepik.com



(brl/far)

tags

STORIES