Bukan gunakan baking soda, ini trik atasi jamur kuku menguning agar kembali pulih pakai 1 bahan dapur

Bukan gunakan baking soda, ini trik atasi jamur kuku menguning agar kembali pulih pakai 1 bahan dapur

Brilio.net - Kuku merupakan anggota tubuh yang perawatannya sering diabaikan oleh sejumlah orang. Padahal kesehatan pada kuku cukup penting untuk dijaga, agar tidak muncul jamur yang menguning dan mudah patah. Jika sudah mengalami hal tersebut, tentu penampilan menjadi kurang menarik.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kuku menguning dan mudah patah. Paling utama adalah disebabkan oleh infeksi jamur onychomycosis. Jamur ini tumbuh di bawah kuku dan menyebabkan perubahan warna dan tekstur pada kuku. Infeksi jamur kuku dapat terjadi karena paparan kelembaban berlebih dan luka pada kuku. Selain faktor di atas, pemakaian kuteks tanpa perlindungan bisa menyebabkan kuku menjadi kuning.

Ada beberapa cara yang biasanya digunakan untuk menghilangkan jamur kuku. Langkah pertama adalah mengurangi pemakaian kuteks. Lalu, memperhatikan nutrisi dengan menjaga pola makan yang seimbang.

Selain cara di atas, terdapat trik lain yang bisa perlu kamu lakukan. Salah satunya adalah merawat kuku dengan menggunakan serum yang terbuat dari bahan alami. Kali ini tidak menggunakan baking soda, solusinya kamu bisa menggantikannya dengan bawang putih. Bahan dapur satu ini mengandung senyawa allicin yang mampu menghambat pertumbuhan jamur. Sifat antiinflamasi pada bahan ini mampu meredakan peradangan.

Sementara itu, castor oil atau biasa dikenal dengan minyak jarak mengandung sifat antijamur dan antimikroba. Castor oil juga menjadi pelembap alami yang bisa mengurangi kuku kering dan rapuh.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES