Bukan dioles tomat, ini cara angkat komedo agar pori-pori mengecil pakai 1 jenis buah

Bukan dioles tomat, ini cara angkat komedo agar pori-pori mengecil pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Beraktivitas sehari-hari pada dasarnya akan membuat kulit terasa kotor. Hal ini disebabkan kotoran, seperti partikel polusi dan debu, biasanya akan menempel di kulit dengan mudah akibat keringat dan minyak kulit. Kondisi ini tidak hanya membuat kulit terasa kusam, namun juga dapat memicu terbentuknya komedo. Tidak hanya mengganggu, kondisi wajah yang dipenuhi komedo dapat berdampak pada menurunnya kepercayaan diri.

Komedo merupakan istilah yang menggambarkan tersumbatnya pori-pori kulit oleh gabungan kotoran, sel kulit mati, dan sebum. Gumpalan kotoran ini kemudian akan menumpuk ke atas permukaan kulit, membentuk bintik-bintik kecil yang menutup pori-pori. Biasanya, komedo akan muncul di area wajah yang sering berminyak seperti di area T-Zone pada wajah (hidung, dagu, dan dahi).

Komedo memiliki 2 jenis bentuk, yaitu whiteheads (komedo putih) dan blackheads (komedo hitam). Whiteheads terbentuk ketika pori-pori kulit tertutup oleh lapisan kulit yang menyebabkan sebum dan kotoran terperangkap di bawah kulit. Sebaliknya, blackheads terbentuk ketika komedo di dalam pori-pori kulit terbuka dan teroksidasi dengan udara, sehingga mengakibatkan perubahan warna di permukaan komedo.



(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES