Bukan dikompres es, ini trik bersihkan wajah dari jerawat membandel pakai kulit 1 jenis buah

Bukan dikompres es, ini trik bersihkan wajah dari jerawat membandel pakai kulit 1 jenis buah

Brilio.net - Jerawat atau dikenal dengan nama acne vulgaris di dunia medis, merupakan sebuah masalah kulit yang umumnya muncul di kulit orang pada fase remaja dan dewasa. Jerawat muncul sebagai akibat dari tersumbatnya rongga pori-pori kulit oleh campuran sebum dan kotoran yang menempel di kulit. Penyumbatan ini kemudian menjadi tempat ideal bagi bakteri jahat dan kuman di kulit untuk berkembang biak, sehingga mendorong terjadinya peradangan di lapisan dalam kulit dan mendorong pembengkakan jerawat.

Jika peradangan jerawat umumnya muncul di fase awal dan tengah, maka bekas jerawat menjadi masalah lain yang muncul ketika pembengkakan jerawat berakhir. Ya, jerawat umumnya dapat meninggalkan bekas berupa noda hitam atau kemerahan akibat rusaknya struktur jaringan kolagen dalam kulit ketika peradangan jerawat terjadi. Apabila tidak ditangani segera, titik-titik jerawat ini dapat menyebar ke seluruh wajah sehingga mengakibatkan breakout.

Walau begitu, kamu nggak usah panik ketika dihadapkan pada masalah ini. Soalnya, kamu bisa mencoba memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif yang efektif dalam membasmi jerawat tersebut. Salah satunya seperti menggunakan campuran kulit jeruk, daun kemangi suci, dan ekstrak kentang sebagaimana diperagakan oleh @ruchita.ghag di Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Selasa (10/10).

Bukan dikompres es  Instagram

foto: freepik.com

Kulit jeruk kaya akan kandungan vitamin C seperti asam askorbat dan antioksidan. Vitamin C yang terkandung dalam kulit jeruk berperan penting dalam merangsang regenerasi kulit, sehingga dapat mengurangi kerusakan kulit yang dipicu oleh jerawat.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES