Bukan digosok tomat, ini trik bikin kulit cerah tanpa bekas noda hitam pakai 1 jenis biji-bijian

Bukan digosok tomat, ini trik bikin kulit cerah tanpa bekas noda hitam pakai 1 jenis biji-bijian

Brilio.net - Kehadiran noda hitam di area wajah adalah salah satu masalah yang seringkali mengganggu banyak individu. Selain mengakibatkan ketidakmerataan warna kulit, bintik hitam ini juga dapat memberikan kesan kulit terlihat kotor dan kusam, sehingga memengaruhi penampilan orang yang mengalaminya. Noda hitam ini umumnya dapat muncul dalam dua bentuk utama, yaitu flek atau bekas jerawat.

Noda hitam yang muncul akibat bekas jerawat sering disebut sebagai PIH (post-inflammatory hyperpigmentation). Ini disebabkan oleh proses regenerasi sel kulit baru pada area jerawat, yang cenderung menghasilkan melanin berlebih, yaitu pigmen yang memberikan warna pada kulit. Proses perbaikan jaringan kulit yang rusak akibat jerawat ini kemudian menghasilkan bintik-bintik hitam yang dikenal sebagai bekas jerawat.

Di sisi lain, flek pada wajah adalah kondisi di mana kulit terdapat bercak-bercak kecokelatan. Mirip dengan terbentuknya bekas jerawat PIH, munculnya flek hitam di wajah umumnya dipicu oleh paparan sinar UV dari matahari, terutama sinar UVB, yang dapat merangsang sel melanosit dalam kulit untuk memproduksi melanin sebagai upaya kulit melindungi diri dari kerusakan. Dampaknya, produksi melanin yang bertumpuk-tumpuk ini akan muncul ke permukaan kulit sebagai flek hitam.

Apabila kamu dihadapkan pada masalah noda hitam seperti di atas, kamu nggak usah bingung. Pasalnya, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan memanfaatkan bahan alami berkhasiat yang efektif sebagai solusi alternatif mengatasinya. Salah satu caranya adalahd dengan menggunakan campuran biji chia dan susu, sebagaimana dibagikan oleh @_mymakeupoftea di Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Sabtu (14/10).

cerah tanpa bekas  Instagram

foto: freepik.com

Biji chia, yang sering ditemukan sebagai topping minuman, kaya akan asam lemak omega-3, antioksidan, protein, dan serat. Asam lemak omega-3 dapat membantu memperkuat lapisan kulit sekaligus mengurangi peradangan yang menyebapkan munculnya noda hitam. Sementara itu, zat antioksidan di dalamnya efektif melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Di sisi lain, kandungan protein dan serat di dalamnya bisa membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat jerawat dan sinar matahari, sehingga dapat mengurangi noda hitam pada kulit.

cerah tanpa bekas  Instagram

foto: freepik.com

Susu adalah minuman yang kaya akan kandungan laktosa dan asam laktat. Selain bisa membantu menjaga kelembapan kulit, kandungan asam laktat juga berperan sebagai eksfolian alami yang membantu mengangkat noda hitam dan mengurangi penampilan kusam pada kulit. Plus, kandungan protein dan vitamin dalam susu juga bagus dalam memperbaiki dan memperkuat lapisan kulit wajah dari kerusakan yang terjadi akibat jerawat maupun paparan sinar matahari.

(brl/pep)

tags

STORIES