Bukan dengan tomat, begini trik atasi flek hitam akibat sinar matahari pakai 2 jenis rempah dapur

Bukan dengan tomat, begini trik atasi flek hitam akibat sinar matahari pakai 2 jenis rempah dapur

Brilio.net - Flek hitam atau hiperpigmentasi disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan di kulit oleh melanosit. Melanin ekstra ini dapat dipicu oleh banyak hal yang berbeda. Mulai dari hormon baik estrogen maupun progesteron (seperti pada wanita hamil), paparan matahari yang meningkatkan kadar melanin, serta iritasi kulit akibat jerawat dan scrub yang keras.

Penyebab utama dari munculnya flek hitam ini adalah paparan sinar matahari. UVA maupun UVB yang menyerap di kulit bisa meningkatkan produksi melanin. Pada kondisi tertentu, peningkatan melanin ini tidak tersebar merata pada kulit. Akibatnya, akan muncul bintik-bintik noda berwarna kecoklatan pada kulit wajah.

Semua orang dengan segala usia bisa mengalami permasalahan flek hitam, tetapi kondisi ini lebih rentan dialami oleh orang yang berusia paruh baya. Selain itu, bintik-bintik ini akan cenderung mudah dilihat dan mudah muncul pada orang dengan warna kulit cerah. Dari seluruh bagian tubuh, wajah adalah bagian yang paling rawan mengalami flek hitam. Pasalnya, wajah hampir terpapar matahari sepanjang waktu.

Keberadaan flek hitam memang cukup mengganggu penampilan. Oleh karenanya banyak orang yang mencari cara menghilangkan flek hitam akibat paparan sinar matahari ini. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Masker antiflek kunyit dan bubuk cendana Berbagai sumber

foto: freepik.com

Bukan dengan tomat, karena pemilik akun TikTok @msnonny pada 6 Mei 2022, hanya menggunakan 2 jenis rempah dapur. Rempah dapur yang digunakan adalah bubuk kayu cendana dan bubuk kunyit. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu perasan lemon.

"Tumeric face mask (masker wajah kunyit)," tulisnya dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @msnonny, Rabu (20/9).

(brl/wen)

tags

STORIES