Bukan dengan putih telur, begini cara merawat wajah berminyak agar bebas jerawat pakai 1 jenis buah

Bukan dengan putih telur, begini cara merawat wajah berminyak agar bebas jerawat pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Salah satu jenis kulit yang rentan mengalami masalah adalah kulit berminyak. Kulit berminyak biasanya disebabkan oleh produksi sebum yang berlebih. Lantaran rentan terkena masalah kulit, cara merawat kulit berminyak tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Produksi sebum yang berlebih bisa menjadi penyebab kulit berminyak dan berujung pada kulit kusam, pori-pori tersumbat, komedo, hingga jerawat.

Sebum adalah komponen yang diproduksi oleh kelenjar sebasea di bawah kulit dan berfungsi untuk melembapkan kulit. Namun nggak melulu membawa dampak negatif pada wajah, sebum ternyata juga bermanfaat untuk melembapkan kulit. Jadi, perhatikan cara merawat wajah berminyak agar produksi sebum dapat terkontrol serta mencegah jerawat muncul.

Gejala kulit berminyak meliputi penampilan mengkilap atau berminyak, pori-pori sangat besar atau jelas terlihat pada kulit, kulit yang terlihat tebal atau kasar, jerawat muncul sesekali atau intens, serta pori-pori dan komedo tersumbat. Gejala kulit berminyak dan keparahannya bervariasi pada setiap orang. Faktor genetik sangat berperan dalam bagaimana kulit menjadi berminyak.

Perubahan hormon atau tingkat stres tinggi juga dapat meningkatkan produksi sebum pada tubuh. Oleh karena itu, perlu merawat wajah berminyak dengan tepat agar jerawat tak mudah muncul. Nah, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah ini. Tak sedikit orang menggunakan putih telur untuk menyerap minyak berlebih pada wajah, tapi ternyata ada bahan alami lain yang tak kalah ampuh, lho.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES