Bukan dengan lemon, ini trik atasi jerawat membandel di wajah hanya pakai 1 bahan alami

Bukan dengan lemon, ini trik atasi jerawat membandel di wajah hanya pakai 1 bahan alami

Brilio.net - Paparan polusi dan stres yang berlebihan tidak hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh saja. Melainkan memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Polusi dan stres, bisa mengakibatkan jerawat membandel muncul di permukaan kulit.

Kondisi stres ini dapat memicu pelepasan hormon kortisol yang bisa merangsang produksi minyak berlebihan. Hal tersebutlah yang membuat jerawat ini mudah muncul. Tak hanya menimbulkan jerawat, kondisi tersebut juga bisa merusak skin barrier. Maka dari itu, kulit rentan terkena iritasi dan infeksi.

Di sisi lain, adanya paparan polusi udara, seperti debu, zat kimia, dan polutan ini bisa menempel pada kulit. Hal tersebut bisa membuat pori-pori kulit tersumbat dan memicu jerawat membandel muncul. Sementara itu, adanya paparan radikal bebas membuat molekul di dalamnya tidak stabil. Akibatnya sel-sel kulit rusak dan memicu terjadinya inflamasi. Keadaan inilah yang membuat jerawat menjadi semakin parah.

Untuk meredakan kondisi jerawat ini kamu perlu melakukan perawatan ekstra. Mulai dari pergi ke klinik kecantikan hingga menggunakan krim anti jerawat. Selain treatment tersebut kamu bisa melakukan perawatan dengan memakai masker yang terbuat dari bahan alami.

Biasanya bahan alami yang ampuh untuk mengatasi jerawat adalah buah lemon. Buah ini dijadikan campuran masker, pasalnya buah ini mengandung antiseptik dan antibakteri. Kedua kandungan tersebut membantu membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat.

Lemon juga berfungsi untuk eksfoliasi secara alami sehingga dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan mengurangi jerawat. Adanya vitamin C di dalam bahan ini bisa mencerahkan bintik hitam.

Selain menggunakan bahan di atas, kamu dapat memanfaatkan satu jenis tanah yaitu multani mitti. Bahan alami ini membantu mengurangi produksi minyak berlebih. Adanya sifat antiinflamasi ini bisa meredakan peradangan akibat jerawat dan menenangkan iritasi.

(brl/pep)

tags

STORIES