Bukan dengan kunyit, ini cara samarkan garis halus dan flek hitam hanya pakai 1 jenis biji-bijian

Bukan dengan kunyit, ini cara samarkan garis halus dan flek hitam hanya pakai 1 jenis biji-bijian

Brilio.net - Garis halus dan flek hitam merupakan dua permasalahan kulit yang sering terjadi ketika usia semakin bertambah. Kondisi ini tentu menurunkan rasa percaya diri. Bukan tanpa sebab, garis halus dan flek hitam membuat warna kulit terlihat tidak rata dan kusam.

Penyebabnya bisa berasal dari berbagai sumber, tak hanya karena penuaan saja. Seperti rusaknya kolagen dan elastin karena paparan sinar matahari. Kondisi ini bisa mempengaruhi penuaan pada kulit. Tak hanya itu, paparan sinar matahari juga menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan meningkatkan tampilan garis halus.

Lalu, penyebab dari flek hitam berasal dari perubahan hormon yang terjadi ketika masa kehamilan atau penggunaan alat kontrasepsi. Dimana kondisi ini menjadi pemicu munculnya hiperpigmentasi. Dalam hal ini, biasanya flek hitam muncul di area wajah, seperti pipi, dahi, dan bibir atas. Namun selain itu, paparan sinar matahari juga dapat mempengaruhi produksi melanin, terjadinya penumpukan melanin di area tertentu.

Jangan khawatir, garis halus dan flek hitam ini masih bisa kamu atasi dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menggunakan treatment dari bahan-bahan alami. Nah, bahan yang sering digunakan untuk mengatasi kedua masalah tersebut adalah kunyit.

Jenis rempah satu ini mengandung senyawa kurkumin yang memiliki sifat kurkumin yang meredakan peradangan pada kulit akibat jerawat. Tidak hanya itu kandungan tersebut juga bisa mencerahkan flek hitam.

Selain kunyit, kamu juga bisa menambahkan beberapa bahan lainnya, seperti biji-bijian yaitu aprikot. Bahan ini mengandung vitamin E yang berguna untuk mencerahkan dan melembapkan, serta membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Lalu, bahan tambahan lainnya adalah alpukat yang mengandung asam lemak. Kandungan tersebut dipercaya bisa meningkatkan elastisitas dan melembapkan kulit kering. Kandungan antioksidan juga bisa melawan radikal bebas.

Begitu juga dengan tepung beras. Bahan makanan yang satu ini membantu melembapkan, mengangkat sel-sel kulit mati, membuat kulit terasa lebih segar. Pasalnya, tepung beras ini menjadi bahan eksfoliasi alami dengan tekstur yang halus.

Sementara, putih telur dalam scrub ini mampu mengencangkan kulit karena kandungan protein. Lalu, adanya kandungan albumin dalam putih telur juga dapat mengecilkan pori-pori kulit yang membesar.

(brl/ola)

tags

STORIES