Bukan dengan kentang, begini trik pudarkan stretch mark pakai scrub dari 1 jenis bahan pemanis

Bukan dengan kentang, begini trik pudarkan stretch mark pakai scrub dari 1 jenis bahan pemanis

Brilio.net - Stretch mark merupakan guratan berbentuk garis halus yang biasanya muncul pada permukaan kulit seperti di perut, paha, bokong, atau lengan atas. Terlebih bagi ibu yang baru saja melahirkan. Secara tampilan, garis tersebut memang cukup mencolok sehingga beberapa orang yang mengalaminya akan berusaha mencari cara menghilangkan stretch mark supaya pudar.

Stretch mark terjadi ketika kulit berubah bentuk dengan cepat karena pertumbuhan atau kenaikan berat badan. Baik pria maupun wanita bisa memiliki stretch mark. Kehamilan dan pubertas adalah dua keadaan paling umum yang bisa menjadi penyebab stretch mark.

Munculnya stretch mark dapat disebabkan karena elastisitas kulit melewati batasnya sehingga menyebabkan munculnya guratan-guratan tersebut. Sejumlah faktor seperti genetika, kadar hormon kortisol, tingkat stres pada kulit, dan kebiasaan menggaruk kulit dapat memengaruhi tingkat keparahan stretch mark.

Meski tidak berbahaya, stretch mark dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Hal ini membuat banyak orang mencoba berbagai metode perawatan kulit yang cukup mahal untuk menyamarkannya.

Padahal, ada berbagai cara menghilangkan stretch mark secara alami yang dapat kamu lakukan. Cara ini diketahui jauh lebih terjangkau dan praktis karena menggunakan bahan alami yang mungkin saja dapat kamu temukan di rumah.

Tak sedikit orang memanfaatkan kentang untuk mengatasi stretch mark ini. Hal ini bukan tanpa alasan, karena kentang memiliki kandungan antioksidan yang mampu memudarkan stretch mark. Padahal ada bahan lain yang ternyata tak kalah efektif dari kentang lho. Seperti unggahan yang dibagikan akun TikTok @thecheapchicchick pada 28 Mei 2022.

Video itu membagikan tentang trik pudarkan stretch mark pakai scrub dari 1 jenis bahan pemanis. Bahan pemanis yang dimaksud adalah brown sugar atau gula merah. Selain brown sugar, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu bubuk kopi, minyak kelapa, dan ekstrak vanila (opsional).

"3 ingredient coffee scrub. Stop buying body scrubs when you can make them at home! Super affordable, great for fading stretch marks and tightening (lulur kopi 3 bahan. Berhentilah membeli lulur saat kamu bisa membuatnya sendiri di rumah! Sangat terjangkau, bagus untuk memudarkan stretch mark dan mengencangkan)," katanya sebagai keterangan video unggahan, seperti briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @thecheapchicchick, Kamis (17/8).

Pudarkan stretch mark pakai 1 jenis bahan pemanis Berbagai sumber

foto: freepik.com

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES