Bukan daun kemangi, ini trik bikin pori-pori besar jadi rapat tak berkomedo pakai 1 jenis buah

Bukan daun kemangi, ini trik bikin pori-pori besar jadi rapat tak berkomedo pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Komedo merupakan salah satu masalah kulit akibat wajah yang kotor. Komedo terbentuk akibat pori-pori kulit yang tersumbat oleh kumpulan kotoran, seperti partikel debu, sel kulit mati, dan sebum. Gumpalan kotoran ini kemudian akan menumpuk ke atas permukaan kulit dan menutup pori-pori.

Komedo memiliki 2 jenis bentuk, yaitu whiteheads (komedo putih) dan blackheads (komedo hitam). Whiteheads terbentuk ketika pori-pori kulit tertutup oleh lapisan kulit yang menyebabkan sebum dan kotoran terperangkap di bawah kulit. Sebaliknya, blackheads terbentuk ketika pori-pori kulit terbuka lalu sebum serta kotoran teroksidasi dengan udara, mengakibatkan perubahan warna di permukaan komedo.

Secara umum, komedo terbentuk akibat produksi minyak berlebih oleh kelenjar sebaceous di bawah kulit. Jumlah minyak yang melebihi batas normal ini mengakibatkan pori-pori membesar dan memudahkan kotoran mengendap di dalamnya. Produksi minyak yang berlebih ini bisa dipicu banyak faktor, mulai dari perubahan hormonal, panas matahari, polusi lingkungan, hingga kebiasaan buruk seperti merokok.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES