Bukan cuma timun, ini cara putihkan gigi penuh plak menguning pakai 1 jenis buah

Bukan cuma timun, ini cara putihkan gigi penuh plak menguning pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Gigi merupakan bagian penting dari rutinitas makan dan minum sehari-hari. Hal ini dikarenakan peran vitalnya dalam menghaluskan makanan sebelum dicerna lebih lanjut di dalam perut. Sayangnya, hal ini juga membuat gigi rentan menjadi kotor dengan cepat, sehingga memunculkan bau yang tidak sedap serta mengurangi kecerahan gigi.

Mengapa masalah gigi di atas bisa terjadi? Pada dasarnya, makanan dan minuman yang setiap hari dikonsumsi seringkali meninggalkan residu di sela-sela gigi dan mulut. Ketika sisa makanan tersebut tidak dibersihkan, lama-kelamaan mereka akan melepaskan zat-zat kimia di sekitar gigi yang mengendap dan membuat perubahan warna pada gigi. Akibatnya, warna putih pada gigi pun akan berubah menjadi kelabu kekuningan.

Apabila dibiarkan, masalah penguningan gigi dapat berkembang menjadi plak. Plak gigi adalah lapisan kotor lengket yang terbentuk oleh reaksi antara bakteri, sisa makanan, dan lendir di permukaan gigi. Bakteri dalam plak ini dapat membentuk senyawa asam korosif yang dapat merusak enamel gigi. Proses ini bisa memicu masalah seperti gigi berlubang dan iritasi pada gusi.

Tapi jangan khawatir, ada trik sederhana menggunakan bahan alami untuk membantu mengatasi masalah ini. Salah satunya adalah dengan campuran buah kiwi, mentimun, dan baking soda. Trik ini diperagakan pemilik akun Instagram @creative_explained sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Kamis (19/10).

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES