Bukan cuma pakai sunscreen, ini trik agar wajah mulus bebas keriput di usia muda pakai 1 jenis buah

Bukan cuma pakai sunscreen, ini trik agar wajah mulus bebas keriput di usia muda pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Tubuh manusia sejatinya terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan menjadi lebih baik pada masa muda, salah satunya bisa dilihat pada kulit yang terasa halus dan kencang. Namun ketika memasuki usia tertentu, umumnya di usia 40-an, proses ini perlahan akan berganti menjadi menurunnya fungsi keseluruhan organ tubuh secara bertahap. Fase yang dikenal dengan penuaan ini juga kemudian juga mengakibatkan terjadinya perubahan pada struktur kulit.

Salah satu pertanda utama yang muncul akibat penuaan ialah timbulnya keriput di wajah. Hal ini disebabkan oleh kulit yang secara perlahan kehilangan kemampuan alaminya untuk memproduksi kolagen dan elastin, 2 protein penting penyusun lapisan kulit. Penurunan kedua komponen ini membuat kulit lama-kelamaan sulit mempertahankan kekencangannya. Lama-kelamaan, proses ini akan berbuah menjadi munculnya kerutan pada kulit seperti keriput dan garis-garis halus.

Walau begitu, tahu nggak sih kalau tanda-tanda penuaan tadi tidak hanya muncul di usia senja? Apabila seseorang secara konstan terkena paparan sinar matahari, polusi, hingga melakukan kebiasaan hidup buruk seperti sering merokok, mereka pun dapat terancam pada penuaan dini. Soalnya, paparan sinar ultraviolet (UV) dan polusi sejatinya dapat merusak struktur kolagen dan elastin dalam kulit. Sementara itu, kebiasaan merokok dapat meningkatkan produksi radikal bebas di dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan kulit.





(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES